Home » Informasi » Festival Inukko: Perayaan Unik Anjing Akita di Jepang

Festival Inukko: Perayaan Unik Anjing Akita di Jepang

Sumber Gambar: akitainu-news.com

Yuzawa Inukko Dog Festival merupakan sebuah perayaan tahunan yang digelar setiap tanggal 11-12 Februari di Kota Yuzawa, Prefektur Akita, Jepang. Festival yang telah berlangsung lebih dari setengah abad ini didedikasikan untuk merayakan ras anjing Akita asli Jepang menurut Japan Travel.

Anjing akita sendiri memiliki sejarah panjang di Jepang sebagai teman berburu dan menjaga para petani setempat. Berkat insting tajam dan ukuran tubuh besarnya, akita mampu membantu menangkap beruang, rusa, babi hutan, dan hewan liar lainnya. Kecerdasan akita juga kerap dimanfaatkan untuk menjaga hewan ternak dan perkebunan warga dari gangguan binatang buas.

Sayangnya, populasi akita pernah mendekati kepunahan akibat Perang Dunia 2. Pemerintah melarang warga memelihara anjing dan memerintahkan penyitaan paksa bahkan pembunuhan semua anjing non-militer kala itu. Hanya berkat beberapa ekor akita liar di hutan serta hasil selundupan tentara Amerika ke luar negeri yang berhasil terselamatkan.

Untuk menghargai jasa-jasa akita dalam sejarah Jepang, warga Yuzawa pun menggelar festival tahunan yang diberi nama Yuzawa Inukko Dog Festival atau Festival Anjing Salju Yuzawa. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini menampilkan beragam suguhan menarik terkait ras akita.

Sumber Gambar: akitainu-news.com

Hari pertama festival dibuka dengan atraki utama berupa parade akita keliling jalanan utama Kota Yuzawa. Para peserta festival biasanya mengenakan yukata sambil menuntun akita-akita mereka yang anggun melenggang dengan kalem. Sorak-sorai penonton turut memeriahkan suasana parade di pagi hari.

Setelah istirahat dan makan siang, giliran beragam kontes kecantikan dan talenta akita digelar di arena utama festival. Peserta anjing dibagi dalam beberapa kategori berdasarkan usia dan jenis kelamin. Mulai dari kelas anak anjing, dewasa, hingga veteran berusia lanjut. Ratusan pengunjung turut menyemangati aksi gagah para peserta dengan riuh.

Baca Juga: Mengapa Anjing Tidak Boleh Dikandangkan Selama 24 Jam?

Di malam harinya, diadakan pertunjukan kembang api dan musik tradisional seperti taiko. Penonton bisa menikmati keramaian festival sambil mencicip aneka hidangan khas Jepang seperti kiritanpo, ramen panas, yakitori, hingga sake dan bir setempat. Ada juga booth yang menjual aneka aksesori dan merchandise unik bergambar wajah akita.

Keesokan harinya, para pengunjung kembali disuguhi kontes foto terbaik bersama akita. Para peserta berusaha tampil semenarik mungkin bersama akita kesayangan mereka demi meraih popularitas dan gelar foto terfavorit. Pemenang nantinya diumumkan sore harinya setelah dinilai dewan juri profesional.

Demikian liputan rinci mengenai Festival Anjing Akita di Yuzawa yang kental dengan nuansa musim dingin. Acara tahunan ini patut dicoba dikunjungi para wisatawan saat berada di Prefektur Akita, Jepang. Selain menyaksikan atraksi seru terkait akita, suguhan budaya dan kulinernya juga memanjakan pengunjung selama 2 hari penuh.

Komentar

3 tanggapan untuk “Festival Inukko: Perayaan Unik Anjing Akita di Jepang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *