Pettoto

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Life is better with best friend. Find yours here!


Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

 112   |     Jumat, 3 Desember 2021   |     Admin

Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

Sebagai pemilik yang baik, merawat anjing berarti Anda harus memberikan semua kebutuhannya. Namun, apakah Anda sudah tahu bila kebutuhannya bukan sekedar makan, minum, dan tempat berteduh? Sama layaknya Anda, anjing juga butuh perawatan.

Bila Anda butuh skincare dan pemeriksaan medis, sebagai anjing ia juga butuh yang namanya grooming. Nah, apakah Anda sudah pernah melakukan grooming untuknya? Kalau sudah, berarti Anda adalah orang tua yang baik. Jika belum, mari simak penjelasan lebih lanjut tentang grooming anjing di sini!

 

Memahami Tentang Grooming Anjing

Menurut Dokter Hewan Bernadine Cruz, DVM, yang terlansir FETH by WebMD, grooming bukan hanya sekedar membuat hewan kesayangan terlihat bersih dan cantik. Namun, lebih dari itu karena grooming juga memperhatikan masalah kesehatan anjing.

Anda perlu memperhatikan banyak hal ketika melakukan perawatan anjing. Contohnya seperti pemeriksaan telinga dan perawatan kuku-kuku anjing. Selain untuk menjaga kebersihan, ini dilakukan sebagai deteksi dini penyakit yang bisa diderita oleh anjing Anda. Misalnya saja infeksi.

 

Pada Umur Berapa Anjing Boleh Grooming?

Anda bisa mulai melakukan grooming anjing saat usianya mulai menginjak tiga minggu menurut lansiran dari laman PetMD. Ini demi membuat mereka terbiasa untuk mandi, memotong kuku, dan perawatan anjing lainnya. Sebab, bila Anda memulainya saat ia berusia dewasa, itu akan menjadi perawatan yang sulit.

Masalahnya adalah anjing Anda akan menolak karena merasa tak nyaman. Apalagi saat proses pembersihan telinga dan pemotongan kuku berlangsung. Bisa saja anjing kesayangan Anda malah memberontak akibat ketakutan.

Oleh sebab itu, pemilik anak anjing sangat disarankan untuk memulai mengenalkan grooming sejak dini. Terutama yang memiliki bulu lebat supaya terbiasa dan bila perawatan anjing memakan waktu yang lama.

 

Manfaat Penting dari Grooming untuk Anjing

Grooming bukan sekedar memandikan anjing Anda agar terlihat rapi dan cantik. Padahal perawatan anjing memiliki banyak manfaat. Nah, kami sudah merangkum 8 manfaatnya bila anjing Anda menjalani proses perawatan.

1. Membuat bulunya lembut dan berkilau

Dengan menyisir bisa menjaga bulu anjing Anda dari kusut, gimbal, serta kotoran yang menempel di tubuhnya. Alasan lain, menyisir bulunya dapat menstimulasi minyak alami yang bisa membuat bulunya lembut dan mengilap.

2. Menjaga anjing dari target kutu

Ini adalah cara yang baik untuk membuat anjing tidak menjadi target kutu. Salah satu spesies yang bisa membuat peliharaan gatal-gatal dan suka tinggal di tempat kotor.

Terlebih bila ada bulu gimbal, itu bisa menjadi tempat ternyaman untuk kutu bertelur. Akan tetapi, bila Anda rutin membawanya ke perawatan anjing masalah kutu ini bisa dengan mudah dihindari.

Sebab, dengan memandikan dan menyisir bisa mencegah bulunya gimbal. Apabila sudah terlanjur terkena kutu Anda bisa segera tahu sebelum kutu membuat anjing stres.
Selain untuk menghindari spesies yang satu itu, ini akan menjaga anjing dari sasaran caplak yang mampu membuat anjing lemas sampai mati. Caplak adalah jenis kutu yang tumbuh dengan mengisap darah inangnya. Bahayanya lagi, kutu ini bisa menyebarkan penyakit ke manusia seperti lyme.

3. Menghindari risiko infeksi yang serius

Bila manusia bisa infeksi, apalagi hewan peliharaan. Anjing sendiri memiliki beberapa tempat yang rawan infeksi. Akan tetapi, bagian tubuh anjing yang paling rawan ialah telinga. Infeksi pada daerah dibedakan dari daerah infeksinya, di bagian luar atau dalam. Meliputi eksterna, media, serta interna. Salah satu alasan telinga anjing rawan infeksi karena bentuknya yang menyerupai huruf L.

Bentuk telinga tersebut cenderung lebih banyak menahan air. Sehingga membuatnya mudah lembab dan rawan terkena infeksi.
Jangan lupa dengan pemeran utama pemicu infeksi pada anjing, bakteri serta jamur akan sangat senang berada di sana karena lembab. Begitu juga dengan caplak. Tentu, bisa menambah risiko infeksi.

Tanda-tanda bila anjing Anda terkena infeksi adalah telinganya berbau tau tak seperti sepatu yang jarang dicuci. Anjing Anda juga akan sering menggaruk-garuk bagian telinganya. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan membersihkan area telinga menggunakan larutan pembersih anjing.

4. Agar kuku anjing terawat dan tak tumbuh ke dalam

Ada dua alasan penting kenapa harus merawat kuku anjing Anda. Pertama, kuku anjing yang panjang sangat mudah untuk terinfeksi bakteri. Bila anjing Anda memiliki kuku panjang ia akan suka menggaruk-garukannya ke kayu atau lantai hingga patah. Jika sampai menimbulkan luka, ia bisa infeksi bila tak dirawat dengan benar. 

Kedua, kuku anjing akan terus tumbuh sampai menembus kulit. Tentu saja ini bukan sesuatu yang baik. Anjing Anda akan kesakitan dan terluka jika itu terjadi. Apalagi bila lukanya terkena bakteri, maka sangat mungkin untuk berubah jadi infeksi.

Bahkan anjing bisa saja cacat karena kuku panjang membuatnya kurang bisa berjalan. Bila berlangsung terlalu lama ini juga akan mengubah postur tubuh dan menimbulkan masalah tulang.

5. Membuat gigi anjing Anda sehat dan bebas dari sakit gigi

Mungkin terdengar lucu bila anjing bisa sakit gigi. Namun, itu benar, kok. Melansir laman VCA, menurut American Veterinary Dental Society, di usia 3 tahun anjing akan memiliki tanda-tanda sakit gigi. Maka dari itu, sebagai pemilik Anda perlu merawatnya.

Caranya tentu dengan membersihkan gigi anjing setiap hari. Ini untuk mencegah agar bakteri jahat dan sisa makanan tak tinggal di sana. Layaknya Anda, sisa makanan yang tertinggal di mulut akan berubah menjadi karang gigi. Bila di tempati bakteri, sudah pasti bisa membuat anjing sakit gigi.

6. Bau anjing akan lebih menyenangkan

Manfaat utama dari grooming adalah membuat anjing Anda memiliki bau yang menyenangkan untuk hidung. Bayangkan saja bila anjing Anda tak mandi selama setahun, apakah Anda akan mau memeluknya? Pasti akan ada rasa sedikit enggan, bukan?

Apalagi bila ia suka berguling-guling di sembarang tempat. Tentu bakteri dan kutu bisa menempel di bulunya, sehingga membuat anjing Anda semakin berbau. Bahkan mungkin bisa lebih bau dari kaos kaki yang belum dicuci selama setahun.

7. Anjing akan merasa bahagia
Ada banyak orang yang memelihara anjing untuk menjaga pikiran tetap waras di tengah tekanan kehidupan yang keras. Mungkin Anda juga salah satunya? Namun, apakah Anda sudah memperhatikan mentalnya? Sebab, anjing juga bisa mengalami penyakit mental, lho. Pemicunya pun sama, misalnya saja akibat kehilangan keluarga atau kebebasan.

Nah, grooming bisa mengatasi masalah mental pada peliharaan Anda. Mengutip Animal Wellness, dalam bukunya yang berjudul Zoobiquity, Barbara Natterson Horrowitz, menjelaskan bila grooming adalah cara alami hewan menenangkan diri. Sebab, perawatan dasar seperti memandikan dan menyisir bulunya bisa membuat tubuh sahabat Anda ini rileks.

8. Mempererat tali persahabatan
Manfaat selanjutnya yakni bisa mempererat hubungan Anda dengannya. Terutama bagi Anda yang grooming sendiri. Hal ini disebabkan oleh rasa kasih sayang Anda yang tercurah saat merawatnya. Sampai membuat ia bisa merasakan bahwa Anda sangat menyayanginya.

Jadi, bila ingin membuat hubungan yang lebih baik dengan sahabat berkaki empat milik Anda ini, cobalah luangkan waktu untuk merawatnya. Tak perlu yang berat-berat, cukup grooming dasar saja seperti memandikan, menyisir bulu, dan menyikat giginya. Sebab, untuk memotong kuku Anda harus berlatih lebih banyak. Karena kuku anjing berbeda dengan manusia.

 

Intensitas Grooming untuk Anjing

Berapa kali dalam sebulan grooming dilakukan pada anjing Anda? Ini jawabannya tentu tergantung dari jenis ras dan bulu anjing, serta umurnya. Juga jenis perawatan apa yang akan Anda lakukan.
Nah, di bawah ini ada penjelasan berapa kali Anda harus melakukan grooming pada anjing menurut jenis perawatannya.

1. Menyikat gigi anjing
Dalam merawat gigi anjing, Anda harus menyikatnya sekali setiap hari. Hal ini tentu saja demi menghindari penumpukan sisa makanan pada sela-sela gigi yang bisa menyebabkan plak dan sarang kuman. Namun, bila Anda mengalami kesulitan. Ada alternatif lain, lho, untuk membersihkan mulut anjing Anda, yakni dengan menggunakan obat kumur khusus anjing.

2. Memandikan anjing

Meski mandi bisa membuat anjing bersih dan harum. Namun, Anda tak boleh terlalu sering memandikannya. Minimal tiga bulan sekali Anda bisa memandikannya dengan menggunakan sabun dan sampo anjing. Sebab, bila terlalu sering malah bisa membuat bulunya kusut.

Hal itu bisa terjadi karena bulu anjing kehilangan minyak yang mampu membuat bulunya lembut dan mengilap. Sehingga bulu anjing menjadi kering. Namun, bila anjing Anda memiliki bulu yang lebat, paling tidak harus dimandikan 2 bulan sekali

3. Menyikat atau menyisir bulu anjing

Menyikat bulu anjing memiliki tujuan yang baik. Selain merontokkan kotoran dan bulu mati dari tubuh anjing, menyisir bisa menstimulasi minyak pada bulu anjing. Sehingga bisa membuat bulu anjing Anda lebih halus dan bersinar. Rentang waktu untuk menyisir bulu ini kurang lebih seminggu sekali.

Namun, bila anjing Anda memiliki bulu yang rentan gimbal lebih baik untuk menyisirnya lebih sering. Kurang-lebih 2 kali dalam seminggu.

4. Memotong kuku anjing

Memotong kuku anjing bisa menjadi masalah utama saat melakukan perawatan. Namun, Anda tak perlu begitu khawatir. Sebab Anda hanya perlu memotong kukunya dengan intensitas 3-8 minggu sekali.

5. Merawat dan membersihkan bagian telinga anjing

Untuk grooming bagian telinga tak ada intensitas berapa minggu sekali. Meski begitu, Anda tetap harus memeriksanya secara rutin. Bila telinga anjing Anda kotor, silakan dibersihkan.

Anda juga harus mengeringkan bagian telinganya bila ia baru saja mandi atau terkena air. Hal ini demi menjaga agar telinga anjing milik Anda tidak lembab. Sehingga bisa terhindar dari infeksi dan jamur.

6. Mencukur bulu anjing
Setiap anjing memiliki intensitas yang berbeda untuk mencukur bulunya. Hal ini terpengaruh oleh ras atau jenis bulu juga faktor-faktor lainnya seperti bulunya yang menutupi mata.

Namun, bila ingin membuat bulunya terlihat rapi dan teratur paling tidak Anda harus mencukur bulunya setiap 2-12 bulan sekali. Ini pun tergantung jenis bulunya. Anda sebenarnya tak perlu khawatir dengan intensitas ini bila membawa anjing ke salon hewan. Sebab groomer profesional tahu kapan untuk mencukur bulu anjing Anda.

Akan tetapi, bila Anda tidak membawa anjing Anda ke salon hewan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Melansir laman Dog Top Tips, Anda harus memperhatikan apakah bulu anjing terlihat kusut, ada bintik nodanya, dan terlihat acak-acakan. Bila ada tiga hal tadi sebaiknya Anda segera mencukurnya.

 

Kisaran Harga Jasa Grooming Anjing

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak jasa layanan grooming anjing. Harganya pun bervariasi. Tergantung dari jenis, panjang, dan berat anjing. Juga pelayanan grooming apa saja yang dibutuhkan oleh klien. Bahkan Anda juga bisa menemukan jasa grooming anjing dengan harga kurang dari seratus ribu melalui e-commerce.

Namun, menurut salah satu website penyedia grooming anjing di Jakarta. Harga untuk memandikan anjing kecil mereka mematok antara Rp100.000-Rp150.000. Sementara bila grooming lengkap, mereka mematok harga Rp300.000-Rp350.000 untuk anjing kecil dan Rp600.000-Rp650.000 untuk anjing dengan ukuran ekstra besar.

 

Tips Grooming Anjing di rumah dengan Benar

Bila Anda masih berpikir perihal biaya untuk membawa anjing kesayangan ke petshop atau salon hewan. Tak perlu khawatir, Anda juga bisa, kok, melakukannya di rumah demi menghemat pengeluaran.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan grooming secara mandiri. Supaya anjing Anda nyaman dan tak trauma untuk perawatan selanjutnya. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk grooming anjing di rumah.

1. Kenali dulu jenis bulu anjing milik Anda

Tips pertama, tentu saja Anda harus tahu tentang ras dan jenis bulunya. Ini berguna untuk menentukan cara Anda merawatnya. Juga berapa kali dalam sebulan Anda harus melakukan grooming.

2. Menyiapkan alat dan perlengkapan grooming anjing
Kedua, Anda perlu menyiapkan alat dan perlengkapan grooming untuk anjing kesayangan. Mulai dari sarung tangan, sampo, sikat, sisir kutu, pembersih kotoran mata dan telinga, gunting kuku anjing, dan masih banyak lagi.

Anda harus menyiapkan itu semua, jangan malah membuat alternatif dengan mengganti sampo anjing dengan sampo milik Anda. Tentu ini akan membuat bulu dan kulit anjing Anda bermasalah. Sebab, produk sampo anjing dan manusia memiliki PH yang berbeda.

3. Jangan panik dan sentuh anjing pelan-pelan

Selanjutnya Anda harus memperhatikan bagaimana cara memperlakukan anjing dengan benar. Anda harus tenang saat memulai grooming. Sentuh anjing Anda secara perlahan, agar tak mengejutkannya. Bila Anda terlalu panik dan menyentuhnya asal-asalan, tentu akan membuat anjing tak nyaman. Bahkan bisa saja ia trauma dan tak mau perawatan lagi.

Jadi, cobalah kontrol emosi Anda saat melakukan perawatan. Anda harus benar-benar tenang dan sabar. Terlebih bila teman berkaki empat milik Anda bertingkah saat grooming. Jangan sampai berbuat kasar, ya.

4. Sikat dan sisir bulunya sebelum memandikan anjing
Keempat Anda harus menyikat dan menyisir bulunya sebelum memandikan. Ini untuk menghilangkan bulu kusut atau gimbal. Sebab bila sudah terkena air, bulu yang gimbal akan sulit untuk diuraikan. Tentu hal itu akan membuat anjing kesayangan Anda kesakitan. Untuk menyikat dan menyisirnya, Anda butuh beberapa alat khusus yang sesuai dengan ketebalan bulunya.

Bila anjing Anda memiliki bulu halus, sedang, dan pendek, Anda perlu menggunakan sikat bulu atau bristle brush. Sementara bila anjing memiliki bulu yang lebat, Anda membutuhkan pin brush. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan sisir penghilang kutu atau slicker brush yang juga bisa digunakan untuk mengurai bulu anjing yang gimbal.

5. Potong bulu anjing pelan-pelan dan jangan menariknya
Saat mencukur Anda harus hati-hati. Jangan menarik bulunya, karena itu akan menyakiti anjing Anda. Bayangkan saja rasanya bila bulu kaki atau rambut Anda di cabut.

Sakitnya akan seperti itu. Pastikan juga gunting atau alat pencukur Anda tajam, demi menghindari sensasi bulu tertarik karena alat yang Anda gunakan tumpul. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah gaya potongan. Tak masalah jika Anda ingin membentuk beberapa potongan lucu untuknya. Namun, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan anjing Anda. Lebih baik, Anda mencari model yang sudah tertera di majalah atau website petshop.

6. Buat jadwal rutin untuk memandikan anjing Anda

Tips selanjutnya, Anda harus membuat jadwal rutin untuk memandikannya. Ini agar anjing Anda menjadi terbiasa dan tak takut dengan air. Meski begitu, Anda tak boleh terlalu sering memandikannya dengan sampo anjing. Sebab, itu bisa membuat masalah pada bulu dan kulitnya.

Anda harus tetap mengikuti aturan kurang lebih 2-3 bulan sekali. Meski begitu, bila ada kondisi yang mengharuskan Anda memandikannya. Silakan saja dimandikan. Jangan lupa untuk membeli sampo anjing yang sesuai dengan kebutuhan bulu dan kulitnya.

7. Potong kuku anjing dengan hati-hati

Dari semua tahap grooming, memotong kuku adalah tahap yang cukup menegangkan, apalagi bagi pemula. Di lain sisi, bagi anjing sendiri, memotong kuku bisa menjadi sebuah ketakutan dan trauma bagi mereka.

Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat sesi grooming ini menjadi aman dan lebih mudah. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli gunting kuku khusus anjing. Kedua, lakukan dengan pelan-pelan. Bila Anda belum berpengalaman lebih baik potong kukunya sampai yang melengkung ke bawah seperti kail.

Cara itu bisa mencegah Anda memotong ‘quick’ yang merupakan pembuluh darah pada kuku anjing. Apabila Anda tak sengaja memotongnya, segera gunakan bubuk yang bisa menahan darah mengalir.

8. Perhatikan kebersihan telinga dan mata

Tahap grooming selanjutnya adalah kebersihan telinga dan mata.  Anda harus memperhatikan apakah telinga anjing Anda ada kotorannya. Bila iya, bersihkan.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat membersihkan telinga anjing. Apakah ada bau yang tak sedap, bila iya coba periksa. Mungkin saja telinga anjing milik Anda terkena infeksi atau jamur.

Apabila di dalam telinga anjing ada bulu-bulu yang tumbuh panjang. Mungkin saja Anda perlu memotongnya. Namun, tidak disarankan melakukannya sendiri. Konsultasikan dulu hal tersebut ke dokter hewan. Sebab, ada beberapa jenis anjing yang membutuhkan bulu di area telinga.

Sementara untuk kebersihan mata anjing, Anda hanya perlu menyeka kotoran mata dengan cotton bud. Perhatikan juga mata anjing Anda, apakah ada iritasi di sana.

9. Keringkan anjing dengan benar

Setelah memandikannya, Anda perlu mengeringkan bulunya, bukan? Lakukan hal ini dengan benar. Gunakan hairdryer khusus anjing. Jangan gunakan pengering rambut milik Anda.

Anda juga perlu mengelap daerah telinga anjing dengan kain yang menyerap air. Jangan gunakan tisu, sebab bisa menempel di sana dan menyebabkan iritasi.
Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk melakukan grooming sendiri di rumah. Walaupun begitu, Anda sebaiknya tahu sampai di batas mana kemampuan yang Anda miliki.

Bila Anda benar-benar pemula, sebaiknya untuk pemotongan kuku dibawa ke jasa penyedia grooming. Karena langkah perawatan yang satu ini butuh keahlian khusus.










 Artikel Anjing Terbaru

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

 Admin   |     21   |     Sabtu, 15 Januari 2022

Informasi lengkap vaksin anjing, mengapa perlu, kapan dan seberapa sering harus divaksin dan berapa biaya atau harga vaksin.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

 Admin   |     49   |     Minggu, 9 Januari 2022

Yuk kenali dulu dengan baik anjing Dachshund sebelum Anda membelinya agar dapat merawatnya dengan baik serta tahu kisaran harganya agar tidak tertipu


Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

 Admin   |     94   |     Minggu, 26 Desember 2021

Anjing herder pastinya tidak asing bagi kita. Namun tahukah Anda perbedaan herder working lines dan show lines serta harganya?


Panduan Sterilisasi Anjing Yang Wajib Dibaca

Panduan Sterilisasi Anjing Yang Wajib Dibaca

 Admin   |     128   |     Sabtu, 27 November 2021

Perlukah anjing disteril, apa manfaatnya, bagaimana caranya, kapan sebaiknya dilakukan? Temukan pembahasannya pada artikel ini.


Cara Breeding Anjing Ras Dengan Benar

Cara Breeding Anjing Ras Dengan Benar

 Admin   |     1245   |     Rabu, 30 Desember 2020

Artikel ini mejelaskan cara breeding/mengawinkan/pemacakan anjing ras yang baik dan benar agar menghasilkan anakan anjing yang berkualitas





Anjing Dijual Terbaru