Terbersit Untuk Memelihara Ular? Ada Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan

Diunggah : 10 Nov 2018

Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan untuk Memelihara Ular

Apakah Anda berpikir atau berkeinginan untuk menjadikan hewan reptil, khususnya ular untuk menjadi hewan peliharaan? Maka Anda bisa mulai dengan jenis ular ball Python (Phyton Regius).


Sesuai dengan namanya, ular ini suka menggulung badannya membentuk bola dengan kepalanya berada di tengah sebagai bentuk pertahanan.


Ular ini berukuran kecil, jinak, dan mudah untuk dipelihara. Rata-rata mereka bisa hidup 20 sampai 40 tahun. Jadi bisa dipastikan Anda akan tinggal bersama dan menikmati waktu bersama untuk jangka yang panjang.


Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan ketika Anda berkomitmen atau memutuskan untuk memelihara ular ini, menurut laman petlifetoday.com .

Siapkan Tempat Tinggal untuk Ular

  • Membeli Akuarium yang Berukuran untuk 30 liter atau lebih.

Karena ular Anda akan menjadi besar, sehingga membutuhkan ruangan untuk bisa bergerak dengan bebas, untuk sembunyi, untuk beristirahat. Oleh karena perlu wadah atau akuarium yang besar dan pastikan memiliki penutup yang berongga sehingga ular tidak bisa keluar tapi ada udara yang masuk ke dalam.


  • Membeli Lampu Pemanas dan Termometer Suhu

Kenapa harus memakai lampu?, karena ular python berasal dari afrika sehingga terbiasa dengan cuaca yang panas menjadikan ular ini suka berjemur, sehingga Anda harus membagi akuarium menjadi 2 tempat, untuk berjemur dan untuk beristirahat. Suhu untuk berjemur sekitar 90-95 derajat sedangkan suhu untuk beristirahat sekitar 70-80 derajat.

Suhu pada akuarium sangat berperan penting untuk ular Anda, oleh karena itu dibutuhkan 2 termometer untuk mengontrol 2 tempat / spot tersebut setiap hari.


Lampu yang digunakan jangan lampu pijar, cukup gunakan lampu neon saja.


  • Memberi atau Membuat Tempat untuk Bersembunyi

Ular sangat suka untuk bersembunyi, jadi sangat penting untuk memberi atau mengatur beberapa area menjadi tempat bersembunyi baik itu di tempat yang panas maupun yang hangat. Anda bisa menggunakan pot tanaman yang terbuat dari plastik atau tanah liat sebagai tempat sembunyi bagi ular Anda.


  • Taburi atau Lapisi Bagian Dasar Akuarium dengan Koran atau Kertas yang Sudah Di robek

Gunakan koran atau kertas yang sudah di robek-robek sebagai dasar, dan jangan gunakan serutan kayu seperti ketika memelihara hamsters. Serutan kayu akan menyerap kelembapan dan membuat akuarium menjadi terlalu kering.


Terbersit Untuk Memelihara Ular?, Ada Beberapa Hal Yang Harus Di PerhatikanGambar Ball Python (Foto: pixabay)


Cara Memberi Makan

  • Beri Makan Ular Anda Tikus Setiap Minggu atau 2 Minggu Sekali

Ular Ball Phyton makan setiap 7 hingga 14 hari sekali bisa lebih saat cuaca dingin atau musim hujan. Ular yang masih muda lebih sering makan dari pada yang sudah berumur. Alangkah lebih baik apa bila Anda memberi makan tikus yang sudah mati dan di bekukan atau dibunuh sebelum di berikan, karena jika memberi tikus hidup, ada kemungkinan akan melukai ular Anda


  • Letakkan tikus di tempat dimana biasanya ular Anda beristirahat atau Berjemur.

  • Biarkan Ular Anda setelah di beri makan.

Setelah memberi makan, lebih biak untuk membiarkan ular Anda untuk beberapa hari, karena apa bila terlalu sering di pegang dan di ambil akan membuat ular Anda muntah.


  • Menyiapkan atau Memberikan Air bersih Setiap Saat.

Perlu di ketahui bahwa ular membutuhkan air untuk minum. Jadi pastikan Anda memberikan wadah atau tempat berisi air untuk minum

Air yang digunakan harus sedikit hangat dan pastikan untuk menggantinya apabila terlihat kotor.


Terbersit Untuk Memelihara Ular?, Ada Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan

Gambar Ball Python di Tangan (Foto: pixabay)



Cara Membersihkan atau Memandikan

  • Meletakkan ular Anda pada wadah berisi air.

Ular juga suka berendam dan membersihkan diri, apaila Anda melihat kulit dari ular Anda kusam, itu pertanda akan berganti kulit, Gunakan air hangat untuk membantunya untuk melepaskan kulit mati. Rendam atau biarkan di dalam air sekitar 10 menit.

  • Memiliki kandang yang terpisah atau cadangan

Ular biasanya akan buang air setelah mandi, oleh karena itu lebih baik apabila memiliki akuarium cadangan sehingga tidak mengotori akuarium utama.

  • Meletakkan beberapa Ranting-Ranting Kecil

Bertujuan untuk membantu ular Anda dengan cepat melepaskan kulit mati yang menempel pada tubuhnya.


Terbersit Untuk Memelihara Ular?, Ada Beberapa Hal Yang Harus Di Perhatikan

Gambar Ball Python Terkena Air (Foto: pixabay)

Cara Membersihkan Tempat Tinggalnya

  • Bersihkan Isi Akuarium Ular Anda

Angkat semua potongan kertas atau koran yang basah. Ular biasanya hanya buang air besar seminggu sekali, tapi sering untuk buang air kecil. Dan jangan lupa angkat kulit mati selama masa pergantian kulit berlangsung


  • Cuci Piring atau Wadah Air di dalam Akuarium

Cuci piring atau wadah air minum setiap hari dengan sabun, karena bisa saja ular Anda berendam di dalamnya dan mengeluarkan kotoran.


  • Cuci Akuarium Ular Anda

Penting untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh sisi akuarium ular Anda. Anda bisa menggunakan cairan pembersih, lalu bilas dengan air sampai bersih dan benar-benar tidak bau.

Keringkan dan biarkan selama 15 menit sampai akuarium benar-benar bersih, sebelum meletakkan kembali aksesoris atau alas kertas.