Kucing Anggora Dan Cara Merawatnya

Diunggah : 29 Aug 2020

Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Memiliki Sejarah Yang Menarik Perhatian

Bertubuh panjang, berbulu halus, lebat, lucu dan menggemaskan itulah kucing anggora.


Karena sifatnya yang dikenal ramah, manja, mudah dan cepat bergaul, aktif, lincah, suka bermain dan haus kasih sayang dan perhatian pemiliknya, membuat hewan peliharaan kucing jenis ini sangat digemari banyak orang dan dijadikan teman di rumah.

 

Kucing Anggora atau yang disebut juga Anggora Turki adalah salah satu ras kucing yang muncul secara alami di negara Turki sekitar abad ke-15.


Kondisi lingkungan dan cuaca dan iklim di kota Ankara, Ibukota negara Turki yang keras, dingin dan bersalju membuat bulu kucing jenis ini panjang untuk dapat beradaptasi dan bertahan hidup.

 

Menurut catatan sejarah, Anggora Turki awalnya diimpor ke Inggris dan Paris. Kemudian dibawa oleh seorang prajurit ke Amerika pada tahun 1950 dari kebun binatang dan kemudian diberikan sebagai hadiah kepada Kolonel dan Ny. Walter Grant.


Sejak saat itu, mulai banyak orang Amerika yang membawa pulang dan mengembangkan serta menyebarkan ras kucing ini di Amerika Serikat.


Tahun ke tahun populasi ras kucing ini di Amerika bertambah sehingga pada tahun 1968 kucing jenis ini mulai diterima dan diakui oleh CFA (The Cat Fanciers' Association).

 

Dari beberapa buku disebutkan kucing anggora dan kucing persia memiliki kaitan yang kuat karena berasal dari nenek moyang yang sama yaitu kucing liar Afrika.


Namun kedua kucing berbulu indah ini memiliki beberapa ciri-ciri yang berbeda. Kucing anggora memiliki badan yang lebih langsing dibandingkan kucing persia.


Hidungnya juga lebih mancung dibandingkan kucing persia. Ciri khas yang paling utama pada anggora yang membedakan dengan kucing lain adalah bulunya pada bagian leher yang tumbuh memanjang.


Ciri-Ciri Fisik Kucing Anggora Yang Baik

Menurut CFA Anggora Turki yang ideal harus seimbang, anggun, berbulu halus yang terlihat dari gerakannya serta bertubuh panjang dengan tulang dan otot yang kokoh.


Seimbang berarti secara penampilan fisik memiliki struktur sempurna untuk seluruh bagian tubuh kucing seperti kepala, badan, kaki, ekor, otot dan bulu.

 

Bentuk dan ukuran kepala adalah yang paling penting dan kemudian diikuti bentuk dan ukuran tubuh kucing.


Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Bentuk kepala yang ideal harus seperti segi lima atau rumah terbalik. Sementara untuk hidung, bentuknya harus seperti kelanjutan garis halus.


Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Bentuk dagu yang ideal harus tegas, bulat lembut dan pada ujung membentuk garis tegak lurus dengan hidung.


Bentuk dahi yang ideal harus dibentuk oleh kepala atas yang datar dan bertemu garis hidung sedikit di atas mata.



Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Bentuk telinga harus besar, lebar pada bagian pangkal, runcing, berdekatan dan tegak.



Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Bentuk matanya besar seperti bentuk kacang almond, sedikit miring ke atas dengan ekspresi terbuka. Warna bola mata anggora yang ideal hijau, emas dan biru


Bentuk tubuh kucing yang ideal bahu harus sama lebarnya dengan pinggang, biasanya kucing betina memiliki tubuh lebih kecil dari kucing jantan. Pantat idealnya lebih tinggi dari bahu.


Bentuk leher yang ideal adalah ramping, agak panjang dan anggun. Kaki ideal adalah kaki belakang lebih panjang dari kaki depan. Bentuk ekornya adalah panjang dan mengerucut dari pangkal ke ujung ekor.


Panjang bulu bisa bervariasi namun harus menutupi ekornya dan leher.


Warna bulu yang biasanya populer dan terkenal adalah putih namun sekarang banyak pembiak yang mengembangkan warna lainnya. 


Memahami Kategori Kualitas Kucing Anggora

Salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli atau mengadopsi kucing ini adalah kategori kualitas yang diinginkan.

 

Terdapat 3 kategori kualitas kucing yaitu  

Kucing Kualitas Top Show

Adalah yang memenuhi atau bahkan melebihi standar bentuk fisik kucing anggora seperti yang diuraikan di atas sehingga dapat ikut kompetisi. Biasanya kucing dengan kualitas ini tidak tawarkan oleh pembiak untuk dijual atau diadopsi atau hanya ditawarkan ke sesama pembiak untuk meningkatkan kualitas biakan.


Kucing Kualitas Breed atau Untuk dikembang-biakkan

Adalah yang memenuhi standar namun ada beberap kekurangan sehingga tidak dapat mengikuti kompetisi kucing atau apabila ikut hasilnya akan kurang maksimal. Kekurangan pada kualitas ini biasanya tidak bersifat genetik sehingga masih berpotensi menghasilkan anakan dengan kualitas kucing kompetisi.


Kucing Kualitas non-breed

Adalah yang mempunyai kekurangan bersifat genetik dan disarankan untuk tidak dibiakkan namun tetap berkarakter kucing ras dan cocok untuk penghobi yang hanya ingin mempunyai kucing sebagai teman di rumah.


Mengapa Harga Kucing Anggora Mahal?

Ketika Anda mencari harga kucing anggora di internet, Anda pasti akan terkejut karena cukup mahal.


Biaya adop atau harga kucing ini dimulai dari kisaran 4 juta sampai puluhan juta rupiah. Bagi penghobi kucing yang berkantong tebal tentunya harga yang mahal ini bukan menjadi permasalahan.

 

Berikut penyebab mahalnya harga kucing anggora:

Biaya hidup, Pemacakan, Sertifikat, Makanan Kucing

Kucing yang bagus tentunya memmerlukan biaya hidup yang tinggi. Hal tersebut meliputi vaksin, makan, vitamin, grooming, listrik untuk AC, air, sertifikat silsilah dan pemacakan serta makanan. Kucing tidak dapat tumbuh dengan maksimal apabila tidak dirawat dengan baik.


Kualitas Kucing itu Sendiri

Faktor yang paling utama adalah kualitas. Kucing berkualitas bagus tentu saja tidak dihasilkan dengan mudah. Pembiak harus mengeluarkan biaya dan usaha yang cukup besar untuk membeli indukan dan pemacakannya.

 

Oleh karena itu dapat kita mengerti bahwa tidak akan ada kucing bagus yang murah. Harga sesuai dengan kualitas adalah pasti.


Cara Mengenali Kucing Anggora Asli atau Campuran

Bisnis kucing ras di Indonesia berkembang pesat. Kini semakin banyak penggemar kucing ras mulai persia, bengala maine coon dan lain-lain walaupun harganya terbilang cukup mahal.


Penghobi yang ingin membeli/mengadopsi kucing anggora murni harus benar-benar jeli dalam melakukan pemilihan.


Karena cukup sulit bagi pemula untuk mengenali anggora asli melalui fisiknya, maka cara yang paling baik dan memberikan rasa aman untuk memastikan kucing yang hendak dibeli adalah murni anggora atau pure breed adalah melalui sertifikat silsilah atau pedigree (ped).

 

Sertifikat silsilah bisa dikeluarkan oleh beberapa organisasi atau asosiasi kucing seperti CFA, TICA, ICA/FIFe.


Pembiak kucing harus mendaftarkan kucing tersebut sejak lahir untuk mendapatkan sertifikat.


Sertfikat tersebut memberikan informasi garis keturunan 3 sampai 5 silsilah keluarga kucing tersebut. Melalui informasi tersebut dapat dipastikan apakah kucing tersebut adalah ras murni yaitu apabila tidak ada kawin silang atau mix breed.

 

Selain itu sangat disarankan untuk membeli kucing pada pembiak yang telah terdaftar pada organisasi-organisasi kucing. Daftar pembiak yang telah terdaftar dalam ditemukan pada website atau dengan mengkontak langsung organisasi tersebut.



Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

Keputusan untuk membeli atau menadopsi hewan peliharaan kucing untuk dijadikan teman di rumah harus diawali dengan memikirkan dampak yang akan terjadi.


Membeli atau mengadopsi kucing bukan akhir dari proses namun sebaliknya merupakan awal dari sebuah proses yang panjang karena dapat berumur hingga 16 tahun.


Hal ini berarti, dalam jangkah waktu 16 tahun kedepan, Anda akan memilki tambahan tanggung jawab yang akan berdampak pada waktu, tenaga dan keuangan. Oleh karena itu perlu komitmen tinggi untuk memelihara kucing anggora.


Memperhatikan dan merawat kucing anggora dimulai dari menyisir kucing setiap hari secara rutin. Hal ini ditujukan agar bulu kucing dapat tumbuh panjang, lebat dan tidak kusut. Hindari menyisir bagian dada dan perut karena bagian tersebut sangat lembut dan mudah rontok.


Sama seperti manusia, menyikat gigi anggoramu juga perlu dilakukan agar mencegah timbul plak-plak yang akan menyebabkan kerusakkan dan menjaga gigi tetap sehat. Hal ini dapat dilakukan satu kali dalam seminggu.


Kuku si kucing juga harus dipotong secara rutin agar tidak mengganggu aktivitasnya. Selain itu, gunakan kain bersih untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bagian sudut matanya.


Agar menjaga kesehatan bulu dan terhindar dari ektoparasit, pemilik harus memandikan kucingnya setidaknya satu kali dalam 1 bulan menggunakan sampo khusus kucing. 


Perawatan kucing berbulu indah ini berikutnya adalah jaga kebersihan kandangnya dengan membersihkan kotoran kucing secara rutin.


Kotak kotoran yang bersih dapat menjaga kucing anggora tetep kering, indah dan bersih sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit kulit khususnya.


Hal terakhir yang paling penting dan harus diperhatikan adalah jaga kesehatannya dengan vaksinasi.


Ketika memelihara kucing anggora tidak jarang penyakit datang menyerang si kucing seperti adanya parasit, cacing pita yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang, batuk, diare  dan masalah kesehatan lainnya.


Untuk menghindari atau mengurangi resiko terserang berbagai penyakit, sangat disarakan untuk melakukan pemeriksaan dan divaksin rutin sesuai anjuran dokter hewan.


Vaksin pertama sebaiknya diberikan kepada anak kucing anggora atau kitten berumur 8 hingga 10 minggu.


Vaksin kedua diberikan pada umur 12 hingga 14 minggu dan vaksin ketiga pada umur 16 minggu.


Setelah itu pemberian vaksin pada si kucing dilakukan setiap tahun secara rutin untuk mencegah infeksi virus pada kucingmu.