Pettoto

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Life is better with best friend. Find yours here!


Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

 464   |     Minggu, 13 Februari 2022   |     Admin

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

Sumber: www.shutterstock.com

 

Poodle, anjing yang terkenal dengan keanggunannya ini ternyata bisa menjadi kawan setia lho. Meski tampak angkuh, malas, dan bangga akan diri sendiri, poodle termasuk anjing yang ramah serta gesit.

Bahkan ia menjadi anjing yang paling pintar dibanding ras lain. Tak salah bila ia sangat mudah untuk dilatih.

Fakta menarik lainnya, meski punya bulu tebal, bau poodle tidak begitu buruk bila dibanding dengan ras berbulu lebat lainnya. Hal inilah yang menjadikannya kandidat teratas pada papan perebutan anjing populer untuk kawan manusia.

Bila Anda juga mulai tertarik dengan poodle dan ingin menjadikannya sebagai teman atau untuk terapi kesehatan mental. Yuk, cari tahu dulu lebih detail mengenai sejarah, perawatan, makanan, dan ilmu dasar lainnya tentang anjing poodle di sini!

 

Sejarah Poodle

Apa Anda tahu di mana anjing poodle lahir? Negara Prancis? Maaf, tapi Anda kurang tepat. Memang sih anjing ini menjadi hewan nasional di negara tersebut.

Namun, asal-usul anjing poodle masih menjadi banyak perdebatan. Meski begitu, banyak orang yang sepaham bila poodle berasal dari Jerman.

Menurut American Kennel Club, sebelum terkenal dengan sebutan ‘poodle’ versi Inggris, di Jerman anjing jenis ini diberi nama ‘pudel’ atau ‘pudelin’ yang berarti cipratan air.

Alasannya sih karena dulu anjing poodle sering digunakan untuk membantu para pemburu bebek.

Asal Anda tahu, gaya potongan bulu trendi yang menjadi ciri khas dari poodle ternyata model potongan lama lho. Para pemburu bebek di Jerman memotong bulu anjing poodle mereka sedemikian rupa karena ingin ia bisa bergerak lebih cepat di dalam air.

Pun guna untuk melindungi area vital pudel seperti daerah leher dan pusar dari hawa dingin. Meski ia bukan termasuk ke dalam golongan anjing olahraga, poodle masihlah retriever yang handal.

Hal ini karena kecerdasan dan kemampuan berenang poodle yang luar biasa. Sehingga anjing poodle masih memenuhi syarat untuk diklasifikasikan sebagai anjing pemburu menurut tes berburu spaniel.

Asal mula poodle dikenal oleh masyarakat Prancis berawal dari para aristokrat yang menemukan ras anjing ini. Kepintaran poodle saat dilatih pun membuat kaum bangsawan Prancis kagum sehingga mereka memeliharanya. Hal ini kemudian menciptakan trend memelihara poodle di Eropa.

Di Prancis sendiri ras anjing ini tidak disebut dengan kata ‘pudel’, melainkan ‘caniche’ yang memiliki arti anjing bebek. Ini mengarah pada kegiatan anjing poodle sebagai pemburu bebek.

Walaupun di Prancis poodle dikembangbiakkan untuk menjadi teman bangsawan yang anggun. Namun, trah pemburu bebek akan terus melekat padanya 

 

Ukuran Standar Anjing Poodle

Setiap hal pasti memiliki ukuran standar sebagai acuan ideal. Bahkan manusia pun memiliki ukuran untuk berat badan ideal yang sesuai kesehatan.

Begitu pula dengan anjing yang juga memiliki idea standarnya sendiri. Ini juga sebagai ukuran apakah poodle punya tubuh yang sehat.
Berikut ini ukuran standar poodle yang sesuai jenisnya.

1. Poodle Mainan (Toy)
Mainan atau toy adalah jenis poodle yang memiliki ukuran paling kecil. Poodle mainan dikatakan ideal bila tingginya kurang dari 25,4 Cm dan beratnya sekitar 1,8–2,7 Kg.

2. Poodle Mini (Miniatur)
Mini poodle memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih besar daripada jenis mainan. Bila Anda ingin memelihara anjing poodle miniatur, pastikan ia memiliki tinggi antara 25,4 – 38 Cm dengan berat kurang-lebih 4,5 – 6,8 Kg.

3. Poodle Standar
Kalau jenis yang satu ini merupakan poodle yang paling besar. Bisa dikatakan juga bila poodle standar adalah ras yang murni, yang turun langsung dari anjing pemburu bebek.

Poodle standar dikatakan ideal bila memiliki tinggi lebih dari 38 Cm. Sementara beratnya harus mencapai 27,2 – 31,8 Kg untuk anjing laki-laki dan 18–22,7 kg untuk anjing poodle perempuan.

Dengan memastikan poodle Anda mencapai ukuran idealnya, ini tentu bisa membantunya untuk hidup sehat. Pun ia bisa punya rentang hidup 10–18 tahun. Sehingga Anda akan mendapatkan waktu yang lebih lama untuk menjalani hidup bersama si poodle yang menggemaskan.

 

Temperamen dari Anjing Poodle

Saat ingin memelihara anjing, Anda juga perlu lho mempertimbangkan tentang kepribadiannya. Sebab, memilih anjing hampir sama dengan memilih pasangan yang membutuhkan komitmen panjang untuk bersama. Kalau tak cocok mungkin malah membuat Anda tambah stres.

Nah, apa Anda tahu tentang temperamen poodle? Manja sekaligus angkuh?
Meskipun tampak begitu, poodle punya kepribadian atraktif, cerdas, dan ramah. Saking ramahnya ia bisa bersahabat dengan banyak hewan.

Bahkan sangat cocok bila Anda ingin menjadikan poodle sebagai teman si kecil bermain.

Selain itu, poodle adalah tipe anjing yang mudah beradaptasi dengan manusia. Hal ini sebagai bukti kecerdasannya yang di atas rata-rata anjing lainnya.

Dengan kecerdasan luar biasanya, poodle pun punya kepekaan terhadap suasana hati tuannya. Ia bisa mengerti bila Anda sedang bahagia atau tidak.

Didukung oleh kecerdasan dan keramahannya, poodle bisa lebih cepat dekat dengan manusia. Ya, walau dengan orang asing akan menjadi anjing yang pemalu.

Meski begitu jenis ajing masih sedikit memberi pengaruh terhadap temperamennya. Misalnya seperti poodle standar yang punya sifat aktif, tapi jauh lebih tenang daripada kedua jenis lainnya.

Walau sifat alaminya begitu, Anda tetap perlu melatihnya. Sebab, bila Anda tak rutin melatih atau mengajaknya bermain, sikapnya bisa berubah dari yang awalnya ramah jadi manja. Bahkan hal seremeh ini bisa membuat anjing jadi pemarah.

 

Ciri Fisik Poodle

Sebagai ras anjing terkenal, poodle lebih mudah untuk dikenali bahkan bagi orang awam. Mereka bisa langsung tahu dalam sekali pandang bila yang Anda bawa adalah poodle.

Sebab, karakteristiknya cukup berbeda dari ras lainnya. Mempunyai tiga varietas yang berbeda, nyatanya tak membuat ciri fisik poodle mengalami banyak perbedaan.

Postur tubuhnya tetap terlihat tegap dan gagah seperti seekor kuda. Perbedaan yang mencolok hanya ada di tinggi badannya saja.

Bentuk kepala poodle itu unik, memanjang ke depan atau oval. Kesan beda pun terlihat di bentuk hidungnya yang runcing.

Bahkan dulu di Prancis karena bentuk hidungnya itu, poodle sering dijadikan alat untuk berburu jamur mahal trufle. Poodle mempunyai mata hitam gelap yang berbentuk oval.

Meski begitu, saat Anda menatapnya pasti tetap membuat gelenyar cinta di dada. Bentuk telinga anjing poodle pun terlihat unik, yakni berbentuk bulat panjang dan menggantung ke bawah. Sementara bentuk ekornya lurus dan menghadap ke atas.

Ciri khas dari poodle adalah bulunya yang lebat. Hanya saja ini bukan bulu biasa. Melansir Rover.com, bulu poodle mempunyai sifat yang tahan air.

Sehingga bisa menghangatkan poodle saat berenang sekalipun di cuaca dingin. Bulu uniknya itu mempunyai beberapa warna menawan seperti aprikot, hitam, putih, coklat, serta krem.

Keanggunan poodle semakin terlihat saat ia berjalan. Gaya berjalannya sangat menarik, kenyal, seolah ia sedang berjinjit yang membuat poodle tampak begitu cantik dan anggun.

Ditunjang dengan postur tegap membuat ia terlihat bangga terhadap dirinya sendiri. Meski begitu, ada hal menarik tentang poodle yang harus Anda ketahui.

Di bagian kaki anjing ini ada sebuah selaput yang memiliki fungsi seperti sirip ikan yang dapat membantunya bergerak cepat saat di dalam air. Ini tentu semakin menegaskan bila poodle berasal dari trah pemburu bebek.

 

Saran Aktivitas dan Latihan Poodle

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, poodle bisa memiliki temperamen baik bila Anda melatihnya secara rutin. Kenapa?

Alasannya agar poodle Anda dapat menyalurkan energinya. Sebab, bila Anda membiarkannya malas-malasan di rumah, tentu hal ini bisa memperburuk sifatnya.

Sehingga bisa membuat poodle bersifat agresif dan sulit untuk diatur. Terlebih ia adalah ajing dengan ras pintar yang mudah meniru dan beradaptasi.

Nah, berikut adalah aktivitas yang disarankan untuk Anda lakukan bersamanya.

1. Bermain di taman
Poodle adalah anjing yang energik dan ceria. Ia juga makhluk yang suka untuk bermain-main dan bersosialisasi.

Mengajaknya jalan-jalan ke taman adalah salah satu aktivitas yang baik untuk menstimulasi cara ia bersosialisasi dengan manusia selain Anda. Kegiatan ini pasti bisa membuatnya merasa bahagia.

2. Mengajaknya berenang
Jangan melupakan sejarah dari anjing ini. Meski telah mendapat stigma anjing anggun dan manja sejak ratusan tahun.

Nyatanya poodle tetaplah anjing pemburu bebek yang tangguh dengan kaki berselaput seperti sirip. Mengajaknya berenang bisa menjadi pilihan kegiatan yang sangat tepat. Sebab, ini akan menstimulasi insting alaminya.

3. Lari-lari kecil
Anda juga bisa mengajaknya sekedar lari-lari keliling kompleks. Agar lebih menantang, Anda bisa menambahkan beban berat di punggungnya dengan menggunakan jaket pemberat khusus.

Kegiatan semacam ini bisa menambah erat ikatan tuan dan poodle, lho.

4. Latihan kepatuhan
Anjing yang ramah adalah yang sering dilatih. Sehingga Anda sangat perlu melakukan latihan kepatuhan pada poodle.

Meski ia adalah tipe yang ramah dan mudah dilatih, tapi jika Anda tak memberinya latihan perintah-perintah kecil seperti mengambilkan sesuatu juga percuma.

Anjing Anda mungkin akan semakin manja. Di sinilah latihan kepatuhan ini berguna, Anda perlu memberi tahu siapa di sini yang menjadi tuan rumah.

Supaya ia bisa bertindak ramah dan menjadi teman yang menyenangkan.

 

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

Sumber: www.shutterstock.com

 

Perawatan Fisik Poodle

Memelihara hewan, berarti Anda harus menganggapnya sebagai anak sendiri. Sebab, Anda tak sekedar harus memberinya makan. Ia pun butuh yang namanya perawatan fisik layaknya Anda yang melakukan perawatan untuk terlihat glowing.

Poodle sangat butuh hal seperti itu. Selain demi menghindari bau dan membuat poodle terlihat rapi, perawatan fisik pun berguna untuk deteksi dini bila anjing Anda terkena penyakit.

Nah, berikut ini adalah beberapa perawatan fisik yang harus Anda lakukan pada poodle kesayangan.

1. Memandikan anjing poodle
Bukan hanya Anda yang butuh untuk mandi, anjing poodle pun membutuhkannya. Alasannya sangat jelas untuk membuat anjing Anda bersih dan berbau harum.

Ya, walaupun poodle memiliki bulu tebal dengan bau yang ramah untuk indra penciuman manusia. Tetap saja Anda harus rutin memandikannya.

Anjing poodle perlu dimandikan kurang lebih 3–4 minggu sekali. Bila lebih dari itu, ini bisa menyebabkan bulu poodle terlihat kering dan kusam bahkan lepek.

Sebab, mengganggu sistem stimulasi minyak yang bisa membuat bulunya lembut di dalam tubuh poodle.

2. Merawat bulu poodle
Bulu poodle itu unik. Lebat, tapi bukan termasuk ke dalam anjing mantel ganda. Sehingga bulunya tak mudah rontok.

Melansir dari American Kennel Club,  Wolaniuk mengatakan bila bulu poodle itu sama seperti rambut manusia.Ia tak mudah rontok karena terus tumbuh layaknya rambut.

Cara merawatnya selain dimandikan dengan rutin, yakni dengan melakukan pemangkasan. Melakukan pemotongan pada poodle bisa Anda lakukan sesering mandi, yaitu antara 3 atau 4 minggu.

Bila ingin memangkasnya sendiri Anda harus lebih sabar. Karena, ya, memangkas bulu anjing esensinya hampir sama dengan memotong rambut anak umur 3 tahun.

Seorang profesional menyarankan untuk memakai gunting andis atau oster yang mempunyai pisau snap-on. Anda tak perlu terlalu takut dan tegang akan sebuah kesalahan saat memotong.

Karena bulu poodle Anda akan tumbuh kembali, sehingga Anda bisa memperbaiki potongan yang salah itu lain waktu.

3. Merawat gigi poodle
Apakah Anda pernah mendengar poodle sakit gigi?  Bila belum, apakah Anda percaya bila anjing bisa sakit gigi?

Hewan itu sama seperti manusia, mereka juga bisa merasa sakit. Hanya saja kita sebagai manusia tak bisa mendengar keluhannya.

Poodle pun bisa sakit gigi bila Anda tak merawat daerah mulutnya dengan baik. Nah, agar terhindar dari sakit gigi, Anda harus rutin menyikat giginya sekali dalam sehari.

Bila poodle Anda susah untuk menyikat giginya, Anda bisa menggunakan obat kumur anjing.

Jadwalkan juga anjing poodle untuk bertemu dokter gigi, agar mulutnya bersih tanpa plak yang menempel. Pun demi menjaga area mulutnya selalu sehat.

4. Merawat mata dan telinga poodle
Anda juga perlu merawat area mata dan telinga poodle. Sebab, kedua area ini memiliki risiko infeksi yang tinggi.

Untuk perawatan mata, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti kilau mata, kotoran mata, pun dengan rambut di area mata.

Bila mata poodle Anda tak berkilau cari tahu masalahnya. Mungkin saja ia mengalami iritasi.

Bila benar itu akibat iritasi, beri obat tetes mata khusus anjing. Bersihkan juga kotoran matanya dan potong bulu panjang di sekitar daerah mata.

Sementara untuk perawatan telinganya, Anda harus rutin memotong bulu di sekitar telinga. Hal ini demi membuat telinga dalam poodle Anda terkena udara segar.

Sehingga mencegah kelembapan dan jamur ataupun infeksi di area dalam.

5. Merawat kuku poodle
Merawat kuku poodle kurang lebih sama dengan perawatan kuku anjing lainnya. Anda perlu memotongnya agar tak terlalu panjang dan melukai bantalan kulitnya.

Cara memotongnya tentu harus hati-hati. Anda bisa menggunakan clip pemotong kuku anjing. Jangan lupa juga untuk menyiapkan bubuk penghambat pendarahan.

Bubuk ini berguna untuk menghentikan pendarahan bila Anda memotong area quick, jaringan suplai darah ke kuku. Anda bisa melakukan pemotongan kuku ini kurang lebih 1 minggu sekali.

Meski perawatan-perawatan di atas terlihat mudah, tapi jangan meremehkannya. Perawatan anjing itu suatu hal yang cukup bisa membuat kesal.

Anda bahkan harus membiasakan anjing poodle mengenal segala perawatan sejak ia kecil. Tentunya agar membuat poodle terbiasa dan memudahkan groomer merawatnya.

Bila ia sudah terbiasa dengan perawatan, bahkan Anda sendiri juga lebih mudah untuk merawatnya di rumah. Selain demi menghemat pengeluaran, merawat sendiri di rumah juga bisa meningkatkan ikatan poodle dengan tuannya. 

 

Rekomendasi Pemberian Makan Anjing Poodle

Apakah Anda tipe orang yang selalu ingin memberikan makanan ke hewan peliharaan karena kasihan? Sebenarnya maksud Anda itu baik. Namun, terlalu banyak memberi makanan pada hewan peliharaan juga bisa membuat mereka sakit.

Anda tak mau ‘kan bila itu menimpa poodle kesayangan? Maka dari itu, Anda perlu memberinya makanan sesuai takaran.

Untuk anak anjing poodle yang baru saja lahir sampai usia tiga bulan, tidak perlu diberi makan.  Sebab, mereka masih menyusu pada induknya. Baru pada usia 3 bulan ke atas,

Anda bisa mulai memberinya makan 3 kali sehari dengan jumlah ukuran satu cangkir. Ini berlaku ke semua jenis poodle. 

Sementara untuk anjing poodle dewasa dibedakan menurut jenisnya. Poodle standar diberi makan 1,5 sampai 3 cangkir makanan kering dua kali sehari. Sementara untuk jenis poodle miniatur  ¾ sampai 1 cangkir.

Lalu untuk poodle mainan bisa diberi makan dua kali sehari dengan ukuran ¼ sampai ½ cangkir. Mungkin Anda juga terbiasa memberi makan poodle dengan sisa makanan.

Sebaiknya kebiasaan buruk ini segera Anda hentikan. Karena makanan Anda tidak cocok dengan makanan mereka dan bisa menyebabkan poodle mengalami obesitas.

 

Kisaran Harga Anjing Poodle di Indonesia

Bila Anda ingin memelihara poodle, memang tak salah bila membicarakan tentang kisaran harganya. Namun, karena anjing poodle memiliki beberapa jenis yang berbeda, maka kisaran harganya pun akan berbeda.

Apalagi bila melihat dari warna, ukuran, dan jenis kelaminnya. Semakin banyaklah variasinya.

Meski begitu, kami telah merangkum beberapa kisaran harga poodle yang ada di Indonesia khusus untuk Anda. Untuk poodle jenis mainan kisaran harganya sekitar Rp5.300.000–Rp8.500.000.

Lalu untuk poodle miniatur harganya dimulai Rp3.500.000 sampai Rp6.500.000. Sedangkan untuk jenis anjing poodle standart dimulai dari harga Rp2.500.000. Harga tersebut sudah dilengkapi dengan Stamboom.

Harga-harga di atas adalah untuk kualitas pet. Sementara untuk anjing poodle dengan kualitas kontes atau dog show bisa mencapai 20-50 juta.

Meski begitu kisaran harga ini masih belum pasti. Namun, setidaknya kami berharap ini bisa menjadi acuan Anda yang ingin membeli poodle.

Saran saja, bila Anda ingin membeli anjing, jangan lupa untuk memperhatikan apakah anjing Anda sudah memiliki Stamboom. Ini penting, karena surat itu adalah akta lahir dari teman Anda.

Cari tahu juga apakah anjing yang akan Anda beli sudah divaksin. Sebab, ini demi memastikan anjing Anda mendapat kehidupan yang layak dan sehat.

 

Kesimpulan

Poodle adalah anjing yang terkenal anggun dan manja. Itu karena kita melihatnya di masa sekarang, masa setelah para bangsawan Prancis mengadopsi mereka menjadi pelayan.

Namun, ternyata asal-usul dari anjing ini berasal dari ras pemburu bebek. Meskipun poodle menjadi hewan nasional Prancis, anjing ini ternyata berasal dari Jerman.

Terlebih nama poodle yang dari bahasa Inggris berasal dari kata pudelin yang berarti cipratan air di bahasa Jerman.

Sebenarnya ada beberapa jenis poodle yang telah dikembangbiakkan. Hanya saja sampai saat ini ada tiga jenis poodle yang diakui yaitu mini, mainan, dan standart. Ketiga anjing poodle ini hanya dibedakan oleh ukurannya saja.

Fakta menarik lainya yakni tentang potongan bulu poodle yang modis. Bukan sekedar untuk gaya, itu ternyata adalah potongan lama yang berfungsi untuk membuat poodle gesit saat berenang memburu bebek.

Nah, itulah yang bisa kami sampaikan tentang anjing poodle. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari informasi ini!

 

Sumber:










 Artikel Anjing Terbaru

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

 Admin   |     338   |     Sabtu, 29 Januari 2022

Yuk kita mengenal lebih jauh anjing Pomeranian, standar ukuran, fisik, bagaimana cara merawatnya dan kisaran harganya agar tidak tertipu.


Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

 Admin   |     331   |     Sabtu, 15 Januari 2022

Informasi lengkap vaksin anjing, mengapa perlu, kapan dan seberapa sering harus divaksin dan berapa biaya atau harga vaksin.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

 Admin   |     503   |     Minggu, 9 Januari 2022

Yuk kenali dulu dengan baik anjing Dachshund sebelum Anda membelinya agar dapat merawatnya dengan baik serta tahu kisaran harganya agar tidak tertipu


Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

 Admin   |     566   |     Minggu, 26 Desember 2021

Anjing herder pastinya tidak asing bagi kita. Namun tahukah Anda perbedaan herder working lines dan show lines serta harganya?


Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

 Admin   |     318   |     Jumat, 3 Desember 2021

Sebelum grooming anjing Anda, simak dulu hal-hal yang harus Anda pahami termasuk kisaran harga agar tidak salah jalan.





Anjing Dijual Terbaru