Pettoto

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Life is better with best friend. Find yours here!


Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

 338   |     Sabtu, 29 Januari 2022   |     Admin

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

Sumber: www.shutterstock.com

Apa Anda tahu tentang anjing yang memiliki wajah seperti rubah? Memangnya ada? Ada, lho, ia memiliki nama pomeranian atau mungkin Anda lebih mengenalnya dengan julukan ‘anjing mini pom’.

Pomeranian adalah jenis anjing murni yang awalnya memiliki ukuran cukup besar dan bertugas untuk menarik kereta. Namun, sekarang anjing pom ini memiliki ukuran mini yang menggemaskan. Sehingga sangat cocok untuk menjadi teman bagi Anda yang sedang kesepian atau membutuhkan healing.

Meskipun anjing ini kecil dan imut, Anda jangan mengira bila ia adalah anjing penakut. Pomeranian adalah anjing kecil yang pemberani. Tak tanggung-tanggung, keberaniannya yang besar ini membuat ia berani untuk menggonggongi anjing ras besar. Ya, bisa disebut bila anjing pomeranian adalah si cabe rawit.

Kalau Anda penasaran atau sedang mencari tahu informasi tentang anjing ini. Yuk, simak penjelasan mengenai sejarah, ukuran standar, ciri-ciri fisik hingga cara merawat anjing pomeranian di bawah ini!

 

Sejarah Panjang Anjing Pomeranian

Asal-usul anjing pomeranian ini cukup panjang lho untuk bisa dikenal hingga saat ini. Berasal dari daerah bersalju di sekitar Kutub Utara yakni daerah Pomeranian atau sekarang menjadi Polandia dan Jerman Barat. Anjing pomeranian memiliki leluhur besar dan bertubuh atletis yang biasa digunakan untuk menarik kereta salju.

Poremanian bahkan memiliki kekerabatan dengan anjing samoyed, anjing eskimo amerika, dan beberapa anjing spitz lainnya. Dengan semuanya mempunyai ciri-ciri kepala yang memiliki potongan tajam seperti baji. Dulu anjing ini memiliki berat sekitar 13,6 kg. Seiring waktu yang berjalan anjing pomeranian malah dikembangbiakkan lebih kecil.

Pada tahun 1888, Ratu Victoria yang sedang berkunjung ke Italia tertarik dengan anjing ras ini yang bernama Marco. Anjing pom yang memikat hati Ratu Victoria itu berbobot 12 kg. Karena hal inilah, peternak anjing di Inggris mulai mengembangbiakkan pomeranian dengan ukuran yang lebih kecil.

Ketenaran dari anjing pomeranian kemudian menyebar ke Atlantik. Sampai pada tahun1982, pomeranian diikutkan pada pentas anjing di New York. Lalu pada tahun 1909, American Kennel Club, menerima pomeranian sebagai anggota dan menetapkannya sebagai induk dari jenis ini.

Namun, jauh sebelum itu anjing pom sudah populer lho. Bahkan beberapa orang terkenal di masa itu seperti Isaac Newton dan komposer jenius Mozart memeliharanya.

 

Standar Ukuran untuk Pomeranian

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat memelihara anjing. Bukan hanya soal makanan yang perlu ditakar dan tak boleh diberi sisa makanan Anda. Ukuran badan anjing pun harus diperhatikan. Hal ini tentu tak lepas agar ia mendapat postur tubuh yang ideal.

Bukankah ini juga terjadi pada manusia? Berat badan ideal manusia juga memiliki batas, ‘kan? Kalau ada di bawah standar itu berarti kurus dan ada indikasi kurang gizi. Sementara bila melebihi standar, maka bisa dibilang obesitas.

Sama halnya dengan aturan ukuran anjing yang berguna untuk melihat apakah ia ada di angka ideal. Namun, setiap ras anjing memiliki aturan ideal yang berbeda. Bahkan meski masih satu trah, bila ia beda varietas standar ukurannya juga akan berbeda.

Standar ideal tinggi pomeranian sendiri berada di 15,24 cm sampai 17,8 cm. Sementara untuk berat badanya agar bisa dikatakan ideal, pomeranian harus mempunyai bobot antara 1,4 kg hingga 3,2 kg. Dengan menjaga ukuran idealnya, Anda bisa memastikan bahwa ia sehat. Serta bisa memberinya harapan hidup hingga 12–16 tahun lagi.

 

Ciri Fisik Pomeranian

Ras anjing kecintaan Ratu Victoria ini mempunyai tubuh yang kecil. Sebab, sudah dikembangbiakkan sedemikian rupa. Sehingga yang ada sekarang hanya varietas mini. Meskipun awalnya pomeranian merupakan anjing besar yang menjadi pekerja di Jerman Barat.

Meskipun sekarang ini banyak anjing dengan tubuh mini. Bila Anda melihat foto anjing ini sekali saja, pasti langsung hafal dengan ciri-cirinya. Sebab, wajahnya yang terlihat mirip musang akan membuat Anda terpikat dalam satu kali pandang. Karena itu, bentuk kepala pomeranian menyerupai baji bila diperhatikan dari atas.

Melansir United Kennel Club, pomeranian mempunyai tengkorak yang bulat di area pipi, tapi tak menonjol. Sementara area tengkorak di bagian moncong sedikit meruncing pada ujungnya. Keruncingan pada bagian itu tidak tajam. Sehingga membuat mulutnya yang berwarna hitam bisa menutup rapat.

Pomeranian mempunyai hidung berbentuk bulat kecil dengan warna hitam. Kecuali pada beberapa pomeranian yang memiliki bulu cokelat. Sedangkan matanya berbentuk mirip kacang almond dan berwarna gelap. Dari matanya inilah wajah musang semakin kentara terlihat.

Satu lagi yang membuatnya mirip rubah yaitu pada bagian telinganya. Pomeranian mempunyai telinga kecil dan runcing yang tersemat cantik di atas kepala. Mengenai bulunya, pomeranian mempunyai mantel ganda. Lapisan bawah berisi bulu lembut dan padat, sementara luarnya tempat untuk bulu-bulu panjang dan ruff di sekitar leher.

Menariknya Pomeranian mempunyai beberapa warna yang cantik. Di antaranya warna solid hitam, coklat pasir, dan coklat. Biasanya ketiga warna ini memiliki shading atau sedikit gelap. Selain warna yang utuh, beberapa anjing pom juga punya warna separuh-separuh seperti perpaduan warna putih dan merah.

Tubuh pomeranian yang kecil ini juga mengagumkan. Dadanya tidak terlalu lebar, tapi sedikit menjorok ke dalam. Badan indah itu ditopang dengan kaki kecil yang berotot serta sebuah ekor berbulu yang terpasang terbalik nan tinggi.

 

Temperamen Anjing Pomeranian

Setiap anjing tentu memiliki kepribadian yang berbeda. Meskipun anjing ini kecil, pomeranian adalah anjing yang pemberani. Ia tak takut pada apa pun. Bahkan ia berani untuk menyalak atau menggonggong pada anjing yang lebih besar.

Terlihat lucu memang, tapi ini cukup berbahaya bagi pom. Sebab, ia bisa saja terlibat perkelahian dengan ras anjing besar lainnya.
Meskipun keberaniannya ini menimbulkan kesan galak. Namun, ia masih pomeranian yang lucu dan sayang keluarga.

Anda tak perlu khawatir mengenai kesetiaan dari ras pom. Sebab, setelah ia mengenal Anda, anjing kecil ini tak akan berpaling dan selalu mencintai Anda dengan sepenuh hati.

Mungkin yang cukup mengkhawatirkan ialah sifat keras kepalanya. Bila Anda tak segera menyadarkan atau memberitahu pom bahwa mereka itu kecil. Pomeranian pasti terus melawan pada anjing yang lebih besar. Itu adalah tindakan agresif yang cukup buruk.

Pomeranian juga punya sifat yang waspada dan tidak terlalu suka ada gangguan di areanya. Jadi, sangat mungkin kedatangan orang baru atau suara-suara berisik yang asing membuatnya menggonggong. Anda harus melatihnya tentang cara menghadapi gangguan-gangguan kecil tersebut.

Selain itu, pom adalah anjing yang gesit. Ia juga suka bermain-main. Jadi, Anda sangat perlu mengajaknya bermain atau lari-lari kecil agar pom tak mudah bosan. Bila Anda membiarkannya tinggal di rumah terlalu lama, kemungkinan pom jadi bosan. Sehingga membuatnya rewel dan bertindak agresif karena mencari perhatian Anda.

 

Rekomendasi Pemberian Makanan Pomeranian

Memberi makan yang sesuai aturan adalah salah satu langkah untuk membuat anjing sehat dan mencapai tubuh idealnya. Bukan hanya karena Anda melihat ia memelas lalu segera memberikan makanan. Apalagi bila makanan yang ia minta adalah bekas makan siang Anda.

Sebaiknya Anda tidak memberikannya hanya karena kasihan. Oleh karena itu, bila ingin memelihara anjing atau hewan peliharaan apa pun, Anda harus mengerti rekomendasi pemberian makannya.

Makanan apa yang baik untuk mereka konsumsi. Hal ini demi membuat hewan peliharaan bisa hidup sehat dan panjang umur.

Sementara pemberian makan ke anjing ras kecil seperti pomeranian mempunyai aturan yang cukup ketat. Karena mereka kecil, tapi sangat aktif. Terlansir dari Dog Time, rekomendasi pemberian makan pomeranian dewasa dalam sehari sekitar ¼ sampai ½ cangkir makanan anjing kering.

Meski begitu rekomendasi pemberian makanan ini bisa berbeda tergantung umur dan berat badan pomeranian. Bagi anak anjing pomeranian, aturan pemberian makanan mengikuti berat badannya. Hal ini karena ras anjing kecil sepertinya mudah untuk terkena hipoglikemia.

Sebab, pomeranian tidak punya banyak lemak yang menjadi cadangan gula darah. Sehingga saat ia kekurangan, penurunannya akan drastis. Meski begitu Anda tak boleh memberinya makan secara bebas.

Tetap jadwalkan. Anda bisa memberikan makanan pada anakan pom kira-kira 3 sampai 4 kali sehari. Untuk jumlahnya bisa Anda bicarakan dengan dokter hewan.

Soal makanan untuk anakan pomeranian, sebaiknya Anda menggunakan makanan khusus untuk anak anjing. Sebab, di dalam makanan itu sudah dilengkapi dengan nutrisi seperti protein dan kalori yang cukup untuk pertumbuhannya.

 

Saran untuk Aktivitas dan Latihan Pomeranian

Pomeranian itu anjing yang ceria dan suka mencari perhatian. Alasan yang mendasari hal ini tentu saja karena ras pom mini ini dikembangbiakkan karena Ratu Victoria. Jadi, sejak dulu ia sudah sering dimanja dan mendapatkan fasilitas ala kerajaan.

Namun, meski ia mempunyai asal-usul sebagai ras anjing kesayangan Ratu Victoria. Bukan berarti Anda juga harus memanjakannya dan terus menggendong atau tak melibatkannya pada aktivitas fisik. Sebab, anjing ini termasuk gesit dan lincah, plus suka bermain-main. Bahkan ia pun mendapat julukan anjing ekstrover, lho! 

Oleh karena itu, aktivitas fisik pun perlu Anda terapkan pada anjing pomeranian. Ini demi menjaga kesehatan fisik maupun mentalnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa saran aktivitas latihan untuk pomeranian!

1. Jalan-jalan santai di sekitar rumah
Ya, banyak yang bilang bila anjing pomeranian tidak terlalu membutuhkan aktivitas di luar rumah. Namun, tak ada yang salah bila Anda mengajaknya pergi ke luar untuk sekedar jalan-jalan menikmati suasana alam sekitar.

Selain, menyehatkan fisik anjing Anda, jalan-jalan pun bisa menghilangkan kejenuhan dari pomeranian. Pun dengan Anda yang mungkin sedang stres, bisa melakukan healing dengan cara ini.

2. Mengadu kekuatan dengan pomeranian
Aktivitas kedua adalah adu kekuatan dengan pomeranian. Mungkin ini terdengar aneh, tapi anjing mungil ini menyukai aktivitas ini, lho. Anda bisa adu kuat-kuatan menggunakan seutas tali atau tongkat.

Yap, aktivitas ini mirip dengan tarik tambang. Ajak ia main permainan ini dan lihat apakah pomeranian Anda senang? 

3. Petak umpet berhadiah
Setiap anak kecil pasti suka dengan permainan ini. Anda dulu juga sering memainkannya ‘kan waktu masih anak-anak? Akan tetapi, bukan hanya manusia saja, lho, yang menyukainya. Pomeranian pun suka bila diajak main ini.

Anda bisa bermain petak umpet di rumah dengan meletakkan sebuah hadiah, apalagi kalau bukan makanan, di sudut-sudut tertentu. Lalu biarkan si pom yang cerdik mencarinya.

Apa ia bisa menemukannya? Jangan terlalu meremehkan kecerdasan anjing kecil ini. Anda bisa dibuat terpukau karena pomeranian termasuk anjing mini yang cerdas. Maka, ia pasti bisa menemukan makanan yang Anda sembunyikan. Bahkan bisa saja sangat cepat ia menemukannya.

4. Bermain puzzle
Ngomong-ngomong soal kecerdasan si pom kecil. Anda pun bisa mengasah kecerdasannya dengan bermain puzzle, lho! Tentunya puzzle yang diciptakan khusus buat anjing, ya. Seperti Pupper Pamper Interactive Dog Food Puzzle Toy.

Itu adalah jenis permainan anjing yang digunakan dengan cara menaruh beberapa jenis makanan anjing ke dalam tabung. Jika anjing ingin mendapatkan makanan itu, berarti ia harus berusaha mengeluarkan makanan dari tabung berbentuk tulang tersebut.

5. Mengunjungi teman anjingnya
Apakah anjing bisa punya teman? Mungkin saja bila Anda mengenalkannya dengan anjing milik teman atau saudara yang lainnya.

Terdengar konyol, tetapi ini adalah cara yang menarik untuk membuat anjing pom mini mengasah naluri sosialisasinya. Selain itu, cara ini bisa membantu anjing pomeranian yang kadang masih kurang sadar diri bila mereka itu mini.

Dengan terus mengajaknya berinteraksi dengan anjing lainnya, Anda telah mengajarkannya mengenal sekitar. Sehingga mini pom Anda bisa berhenti menyalak pada anjing-anjing lain.

6. Bermain gelembung sabun
Ternyata yang suka bermain gelembung sabun tak hanya si makhluk kotak kuning. Pomeranian juga suka dengan permainan ini lho! Ia pasti akan bahagia dan semangat untuk mengejar gelembung sabunnya.

Namun, Anda harus menggunakan sabun yang khusus untuk mainan anjing, ya. Biasanya sabun gelembung anjing ini mempunyai aroma bacon. Sehingga bisa menarik pomeranian untuk menangkapnya.

Tenang saja, ini tak beracun atau membahayakan pom mungil Anda. Sebab, sabun ini dibuat khusus untuk mainan anjing. Ya, kecuali bila Anda bermain gelembung ini menggunakan sabun cuci piring di rumah. Tentu itu akan membahayakannya.

 

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

Sumber: www.shutterstock.com

Perawatan Fisik Pomeranian

Setiap jenis anjing memiliki cara perawatan yang berbeda. Maka dari itu, bila Anda ingin membeli atau mengadopsi anjing harus belajar juga bagaimana cara merawatnya.

Nah, bila Anda ingin mempunyai teman seekor pomeranian, simak dulu langkah-langkah merawatnya di bawah ini!

1. Cara memandikan si imut pomeranian
Pomeranian termasuk ke dalam anjing ras yang mempunyai bulu tebal. Jadi, Anda harus rutin untuk memandikannya. Ya, kurang lebih 3–5 minggu sekali. Jangan, terlalu sering juga. Sebab, bisa membuat bulunya kering atau lepek.

Kok bisa? Ini karena di dalam tubuh anjing ada sebuah kelenjar minyak yang berguna untuk melembutkan bulu. Namun, bila ia dimandikan terlalu sering kelenjar minyak ini mungkin bisa salah mengira kalau bulu anjing kekeringan. Jadi, mengeluarkan banyak minyak dan membuat hulu malah lepek. Begitu juga sebaliknya.

Gosok bulu-bulunya perlahan dan gunakan sampo khusus anjing. Jangan lupa untuk memakai conditioner khusus anjing. Agar bulunya semakin terasa lembut.

2. Tips merawat bulu pomeranian
Mempunyai mantel berbulu ganda, jadi Anda perlu untuk menyisir atau menyikatnya secara rutin. Tentu saja ini demi menghindari bulu pom kecil mengalami kekusutan.

Anda bisa menyikat bulu bagian dada ke atas, begitu juga pada bulu di bagian kaki, punggung, leher, dan kepalanya. Sementara untuk bagian perut, Anda bisa menyikatnya ke arah bawah. Lalu bagian samping ke arah luar. Menyisir dengan arah ini akan membuat pom mini mirip dengan bola bulu.

Selain mengurangi kekusutan, menyikat bulu pom juga bisa menstimulasi kelenjar minyak secara sehat. Sehingga bulu anjing mungil Anda bisa sehat dan lembut alami.

3. Memotong kuku pomeranian
Ketiga, Anda sangat perlu untuk merawat kuku-kuku pada kakinya. Hal ini tentu saja agar ia bisa berjalan dengan nyaman. Sebab, bila tak dipotong secara rutin, kukunya akan terus tumbuh dan melengkung ke bawah.

Bila Anda membiarkannya, kuku panjang itu bisa menusuk telapak kakinya. Sehingga sangat mungkin bila pom kecil bisa terluka dan terkena infeksi. Bisa juga kuku yang panjang itu tumbuh ke dalam kulit. Kondisi ini akan membuat pom mini kesakitan dan kesulitan berjalan.

Tips dari profesional untuk memotong kuku pomeranian adalah dengan menggunakan klip pemotong kuku khusus anjing. Anda juga perlu menyiapkan bubuk pembeku darah. Supaya saat memotong area ‘quick’, pembuluh darah di kuku anjing, pendarahannya bisa segera dihentikan. Bila Anda takut melakukannya sendiri di rumah, saran yang paling baik adalah mengajak pomeranian ke groomer profesional.

4. Menjaga mata dan telinga pomeranian
Mata dan telinga anjing adalah tempat yang cukup riskan dengan yang namanya infeksi. Oleh sebab itu, Anda harus merawatnya dengan baik dan sesering mungkin membersihkan area tersebut.

Sebagai anjing dengan ras kecil, bagian mata pomeranian sering kali mengeluarkan air mata. Jadi, Anda harus sering membersihkannya menggunakan air hangat atau produk pembersih air mata anjing. Sementara untuk bagian telinga, Anda harus sering mengeceknya, apakah ada bau yang kurang sedap keluar dari sana. Bila iya segara ajak pom kecil ke dokter hewan.

5. Merawat gigi pomeranian
Gigi termasuk aset yang penting bagi setiap makhluk hidup. Meski terkadang manusia sendiri sering mengabaikan kesehatannya. Namun, Anda tak boleh mengabaikan perawatan gigi untuk anjing. Sebab, ini bisa membuat pomeranian sakit gigi. Sehingga membuatnya sulit untuk makan.

Anda perlu menyikat giginya sekali sehari dengan menggunakan pasta gigi khusus anjing. Pasta gigi ini bisa mengurangi bakteri yang ada di gigi anjing. Sehingga pom mini bisa terhindar dari sakit gigi serta gigi berlubang.

Namun, bila Anda cukup kesulitan untuk membuatnya sikat gigi. Anda bisa menggunakan obat kumur khusus anjing. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan pemeriksaan gigi ke dokter hewan agar gigi pom semakin sehat. Pun tak ada kerak gigi yang menempel di sana.

6. Memangkas bulu pomeranian
Melakukan perawatan secara mandiri tentu membutuhkan banyak ketelatenan. Bahkan Anda harus memangkas bulu pomeranian. Selain untuk membuatnya terlihat rapi, ini juga bisa membuat bulu pomeranian sehat. Sehingga tak mudah rontok.

 

Kisaran Harga dari Anjing Pomeranian

Ada banyak faktor yang membuat kisaran harga pomeranian ini berbeda. Dari segi umur, warna, punya stamboom atau belum. Pun apakah ia sudah pernah di vaksin juga menjadi pembeda. Meski begitu kami telah merangkum kisaran harga dari pomeranain sesuai umur. Kami mendapatkan ini melalui pencarian toko-toko online yang ada di Indonesia.

Anda bisa mendapat anakan pomeranian dengan harga sekitar Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000 dengan kualitas pet. Sementara untuk anjing pomeranian dengan kualitas kontes atau dog show bisa mencapai 20-50 juta. Harga ini adalah bersifat kisaran berdasarkan survei yang dilakukan penulis dan dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Kesimpulan

Pomeranian memang anjing kecil yang lucu. Tak ayal bila Ratu Victoria sangat mencintai ras anjing ini. Meski begitu pomeranian bukanlah anjing yang penakut. Ia adalah ras yang punya nyali besar. Bahkan sampai berani untuk menyalak ke anjing lain yang mempunyai badan 3 kali lebih besar dari dirinya.

Lucu dan menakjubkan, pomeranian juga termasuk ke dalam anjing yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Ia suka bermain dan mudah untuk dilatih. Hal ini membuat orang sangat yakin bila ia pantas untuk menjadi anjing kerajaan.

Walaupun begitu anjing ini memiliki fakta menarik. Awal kemunculan, pomeranian tak sekecil ini. Berasal dari daerah Jerman Barat, pomeranian memliki tubuh yang cukup besar dan biasanya dimanfaatkan untuk menarik kereta luncur salju. Bahkan leluhurnya dulu masih mempunyai ikatan dengan ras anjing samoyed.

Berwajah seperti rubah, membuat pomeranian semakin unik. Walau terlihat memiliki wajah yang licik, anjing ini bisa menjadi kawan yang setia lho!
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

 

Sumber:










 Artikel Anjing Terbaru

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

 Admin   |     463   |     Minggu, 13 Februari 2022

Kali ini kita akan belajar mengenai anjing Poodle dengan baik agar Anda dapat merawatnya dengan baik serta kisaran harganya supaya tidak salah beli.


Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

 Admin   |     329   |     Sabtu, 15 Januari 2022

Informasi lengkap vaksin anjing, mengapa perlu, kapan dan seberapa sering harus divaksin dan berapa biaya atau harga vaksin.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

 Admin   |     502   |     Minggu, 9 Januari 2022

Yuk kenali dulu dengan baik anjing Dachshund sebelum Anda membelinya agar dapat merawatnya dengan baik serta tahu kisaran harganya agar tidak tertipu


Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

 Admin   |     565   |     Minggu, 26 Desember 2021

Anjing herder pastinya tidak asing bagi kita. Namun tahukah Anda perbedaan herder working lines dan show lines serta harganya?


Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

 Admin   |     318   |     Jumat, 3 Desember 2021

Sebelum grooming anjing Anda, simak dulu hal-hal yang harus Anda pahami termasuk kisaran harga agar tidak salah jalan.





Anjing Dijual Terbaru