Pettoto

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Life is better with best friend. Find yours here!


Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

 503   |     Minggu, 9 Januari 2022   |     Admin

Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

Sumber: www.shutterstock.com

Bertubuh mungil, rendah, panjang, kaki pendek dengan telinga yang besar membuatnya terkesan berbeda. Itulah anjing dachshund yang disebut dackel atau teckel atau tekel. Tubuh yang nampak lucu tersebut membuatnya mendapat julukan anjing hotdog atau anjing wiener.

Namun jangan salah dengan tubuhnya yang mungil. Anjing yang ini cerdas dan dapat menjadi anjing penjaga rumah yang baik. Walaupun bertubuh mungil dan rendah namun anjing ini memiliki gonggoan yang besar. Suara gonggoannya seperti anjing dengan besar dua atau tiga kali ukurannya.


Sejarah Dachshund

Anjing Dachshund adalah anjing trah yang berasal dari Jerman sekitar 600 tahun yang lalu. Dachshund berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup di bawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hund yang berarti anjing Jerman.

Dachshund memiliki sifat yang berani, memiliki penciuman yang tajam yang membuatnya dengan cepat mengetahui keberadaan hewan buruan di dalam tanah seperti musang dan kelinci. Dengan tubuhnya yang kecil, pendek dan panjang, anjing ini dapat dengan mudah menelusuri lorong-lorong bawah tanah mengejar hewan buruan.

Selain itu, kepribadiannya yang besar, keberanian, kesetiaan, ketaatan (suatu keharusan dalam ras berburu) dan keramahan membuatnya banyak dicari untuk jadi hewan peliharaan. Anjing ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat terlarang.

 

Karakteristik

Secara umum Dachshund berkaki pendek, rendah ke tanah tetapi memiliki tubuh yang memanjang, kompak, sangat berotot, moncong runcing, mata berbentuk almond, telinga bulat yang terkulai dan memiliki ekspresi wajah selalu waspada. Dachshund adalah anjing berdada besar dengan gonggongan besar dan penuh yang dirancang untuk didengar oleh pemburu saat anjing mereka mencari mangsa.

Menurut FCI (Federation Cynologique Internationale), Dachshund dibagi menjadi 3 ukuran yaitu Teckle, Miniature Teckel dan Rabbit Teckel serta memiliki 3 jenis yaitu Smooth-haired atau berbulu pendek, Wire-haired atau berbulu kasar and Long-haired atau berbulu panjang.

Dachshund jantan memiliki tinggi antara 9-11 inci dengan berat badan maksimal 7,5 Kg. Betina memiliki tinggi antara 8-9 in dengan berat badan antara 6-7 Kg.

Anjing Dachshund pintar, energik dan menghibur, lincah dan secara alami bersahabat. Mereka cenderung memberi banyak perhatian pada lingkungan mereka dan akan menggonggong untuk memberi tahu Anda ketika hal-hal yang menarik (setidaknya bagi mereka!) sedang terjadi. Dengan kata lain, Dachshund sering menggonggong.

Jika Anda membutuhkan pengawas yang baik, anjing Dachshund mungkin cocok untuk rumah Anda.

Dachshund memiliki hidung yang bagus. Mereka sering menggunakan hidungnya. Apabila Anda ingin hewan peliharaan untuk teman berolah raga seperti jalan cepat atau lari maka anjing Dachshund mungkin tidak tepat karena ketika berjalan-jalan dengan anjing ini akan cenderung lebih banyak mengendus daripada berjalannya.


Beberapa Dachshund yang terkenal

Slinky Dog dalam Toy Story

Pernah nonton film animasi Toy Story? Film tersebut adalah film layar lebar pertama yang sepenuhnya diciptakan dengan animasi komputer. Kalau Anda pernah menontonya, pastinya ingat mainan anjing berbahan plastik yang tubuhnya terhubung oleh pegas licin sehingga dapat memendek dan memanjang.

Bentuk mainan ini menggambarkan karakter anjing dachshund yang memiliki tubuh yang rendah namun panjang dan berkaki pendek. Pada bagian tengahnya diisi oleh pegas atau mainan tarik.

Buster dalam Toy Story 2

Selain Slinky Dog, dalam Toy Story 2 terdapat karakter lain yang merupakan anjing dachshund. Dia adalah Buster yang merupakan anjing milik Andy Davis.

Berbeda dengan Slinky yang merupakan mainan anjing, Buster digambarkan adalah seekor anjing yang memiliki sifat energetik, bersahabat dan senang bermain.

Waldi Maskot Olimpiade 1972

Anjing dachshund juga pernah dijadikan Maskot Olimpiade tahun 1972 di Munich Jerman. Tubuh Waldi yang seperti sosis ini beri warna garis-garis yang mewakili lima warna Olimpiade. Ini adalah maskot pertama dalam Olimpiade. Karena mendapatkan penerimaan yang baik maka kemudian menyebabkan dibuatnya maskot-maskot lain setiap Olimpiade.

Jorge dan Dirk dalam Clifford's Puppy Days

Jorge adalah dachshund coklat milik Nina yang merupakan teman baik Clifford. Sedangkan Dirk adalah anjing dachshund lainnya yang masih memiliki hubungan dengan Jorge.

Itchy Itchiford dalam All Dogs Go to Heaven

Itchy Itchiford adalah sebuah karakter dalam film All Dogs Go to Heaven yang digambarkan sebagai anjing dachshund coklat yang berbulu pendek. Seperti sifat Dachshund, karakter ini digambarkan sangat loyal dan adalah teman baik dari Charlie.

 

Perawatan Secara Umum

Grooming

Memilihara anjing dachshund tidak sulit karena membutuhkan perawatan yang rendah. Untuk dachshund berbulu pendek dan kasar harus disikat beberapa hari sekali dalam seminggu. Sedangkan jenis berbulu panjang membutuhkan perawatan yang berbeda. Bulu mati di bulunya harus dicabut dua kali setahun. Anda harus disikat setiap hari agar bulunya bersih dan tidak kusut.

Anda juga akan perlu untuk memotong atau merapikan bulunya agar terlihat rapi. Dachshund termasuk anjing yang memiliki sedikit bau badan. Untuk jenis bulu yang pendek tidak perlu sering dimandikan, cukup di lap dengan kain lap karet yang basah setiap hari.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara dachshund adalah untuk menghindarkan anjing tersebut lompat dari tempat tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Nutrisi

Untuk Anda yang memilihara anjing jenis ini, perlu diingat bahwa berat badan sangat penting. Masalah pungung akan muncul apabila mengalami kelebihan berat badan.

Anda perlu berkonsultasi ke dokter hewan mengenai ukuran makanan yang baik dan jenis makanan yang dianjurkan. Pemilihan jenis makanan yang bernutrisi lengkap namun tidak terlalu banyak kalori akan sangat baik untuk menjaga berat badan.

Berat Dachshund standar biasanya tidak melebihi 14.5kg , sementara Dachshund miniatur biasanya memiliki berat 4.9kg atau kurang.

Olahraga

Selain memberikan makanan bernutrisi lengkap, penting bagi dachshund untuk cukup bergerak, menjaga otot dan menjaga berat badan melalui olahraga. Namun karena dachshund berpotensi dengan masalah pungung, olahraga harus dilakukan dengan hati-hati.

Hindari latihan yang menyebabkan ketegangan pada tulang belakang, seperti lompatan, lompatan, dan putaran. Berjalan-jalan dengan kecepatan yang sedang umumnya telah memberikan latihan yang cukup untuk sebagian besar anjing Dachshund.

 

6 Masalah Kesehatan Yang Perlu Diperhatikan

Intervertebral Disk Disease (IVDD)

Tubuh dachshund yang memanjang dan kondisi genetik yang disebut chondrodystrophy (perkembangan tulang rawan yang tidak normal) membuat mereka berisiko tinggi mengalami Intervertebral Disk atau masalah punggung. Masalah tersebut cenderung terjadi terutama untuk anjing yang telah tua dan kelebihan berat badan.

Kondisi tersebut menyebabkan hilangnya fungsi anggota tubuh, kesulitan buang air kecil dan besar, dan nyeri yang mungkin atau mungkin tidak dapat diatasi dengan pengobatan

Masalah Pada Mata

Resiko kekeruhan abnormal pada lensa mata atau katarak yang membuat sulit melihat beresiko tinggi pada dachshund khususnya ketika telah berusia tua. Pemilik anjing jenis ini juga harus berhati-hati pada penyakit Glaukoma yang sangat menyakitkan karena peningkatan tekanan di dalam mata dan dapat menyebabkan kebutaan.

Masalah Pada Tulang

Pada bagian tulang, anjing dachshund berisiko relatif tinggi mengalami displasia pada bagian pinggul. Kondisi degeneratif yang memengaruhi satu atau kedua pinggul yang menyebabkan artritis seiring waktu. Patellar luxation atau tempurung lutut yang tidak pada tempatnya juga cukup sering dijumpai pada anjing jenis ini.

Epilepsy

Idiopathic epilepsy juga salah satu penyakit yang terjadi pada dachshund yang menyebabkan kejang. Namun sekarang ini telah tersedia obat-obatan yang membantu meminimalkan kejang dapat diberikan ketika kejang menjadi sering atau parah.

Gangguan Hormon

Selain penyakit-penyakit di atas, gangguan hormonal dapat terjadi pada anjing jenis ini seperti penyakit Cushing, diabetes and hypothyroidism. Gangguan hormon tersebut terjadi karena gaya hidup yang tidak baik seperti makan berlebih atau obesitas dan dapat juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Penyakit Jantung

Dachshund juga dapat mengalami gangguan kesehatan pada jantung. Mitral valve dysplasia adalah jenit penyakit jantung yang sering terjadi pada anjing jenis ini.

 

Harga Anjing Dachshund

Aturan ada harga ada kualitas tidak hanya berlaku pada barang dan jasa, pada anjing pun juga berlaku aturan tersebut. Ada banyak faktor mempengaruhi harga anjing termasuk usia, kelengkapan vaksin dan yang paling berpengaruh adalah anatomi fisik dan bloodline.

Sebagai referensi, untuk anjing Dachshund anakan lokal, harga yang dikenakan berkisar pada angka Rp 2.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-. Sedangkan anakan import bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.










 Artikel Anjing Terbaru

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

 Admin   |     463   |     Minggu, 13 Februari 2022

Kali ini kita akan belajar mengenai anjing Poodle dengan baik agar Anda dapat merawatnya dengan baik serta kisaran harganya supaya tidak salah beli.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

 Admin   |     338   |     Sabtu, 29 Januari 2022

Yuk kita mengenal lebih jauh anjing Pomeranian, standar ukuran, fisik, bagaimana cara merawatnya dan kisaran harganya agar tidak tertipu.


Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

 Admin   |     329   |     Sabtu, 15 Januari 2022

Informasi lengkap vaksin anjing, mengapa perlu, kapan dan seberapa sering harus divaksin dan berapa biaya atau harga vaksin.


Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

 Admin   |     565   |     Minggu, 26 Desember 2021

Anjing herder pastinya tidak asing bagi kita. Namun tahukah Anda perbedaan herder working lines dan show lines serta harganya?


Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

 Admin   |     318   |     Jumat, 3 Desember 2021

Sebelum grooming anjing Anda, simak dulu hal-hal yang harus Anda pahami termasuk kisaran harga agar tidak salah jalan.





Anjing Dijual Terbaru