Pettoto

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Situs Jual Anjing Ras Terlengkap!

Life is better with best friend. Find yours here!


Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

 566   |     Minggu, 26 Desember 2021   |     Admin

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Gambar Anjing Herder Show Lines - Sumber: www.shutterstock.com

Anjing Gembala Jerman/German Shephred yang dikenal dengan anjing herder sebenarnya adalah anjing pekerja atau working dog. Apabila Anda ingin mencari anjing jenis ini sebaiknya mengenalinya lebih jauh lebih dulu. Pada artikel ini kami merangkum informasi-informasi lengkap mulai dari jenis, ciri-ciri, fakta, kelebihan dan kekurangan, harga serta cara merawatnya. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui dahulu tentang sejarahnya.

 

Latar Belakang Sejarah

Seperti namanya anjing herder/German Shephred berasal dari Jerman di 1850. Pada mulanya mereka digunakan untuk membantu petani pelayan petani untuk menggembalakan domba dan melindungi kawanannya dari predator bukan sebagai hewan peliharaan. Penampakannya saat itu tidak terlihat seperti herder saat ini karena lebih menyerupai mongrel berbulu kasar dan berekor pendek.

Kemudian seorang kapten Jerman dan mantan mahasiswa ilmu kedokteran hewan Max von Stephanitz melihat seekor anjing bernama Hektor Linksrhein pada sebuah pameran dan mengagumi kemampuannya. Namanya kemudian diubah menjadi Horand von Grafrath yang adalah anjing herder pertama.

Jenis anjing ini menjadi favorit sebagai anjing peliharaan selain menjadi anjing pekerja untukk kepolisian sejak dieskpor ke Amerika sekitar tahun 1906.

 

Perbedaan Anjing Herder Working Lines dan Show Lines

Terdapat 2 macam jenis anjing herder berdasarkan fungsi atau tujuannya yaitu anjing pekerja atau working line dog dan anjing pameran atau show line dog. Perbedaan keduanya dapat dengan jelas dilihat dari tujuan, ciri fisik dan karakter.

Perbedaan Tujuan

Anjing herder working line dikembang-biakan dan dilatih dengan tujuan untuk bekerja terutama dalam fungsi pengamanan, penegakan hukum, kepolisian dan militer. Mereka dilatih dengan ketat untuk kelincahan, kepatuhan dan daya tahan agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan maksimal.

Sedangkan anjing herder show line dikembangkan untuk mendapatkan anjing dengan penampakan atau struktur fisik yang baik untuk pameran dan sebagai anjing peliharaan.

Perbedaan Fisik

Secara fisik, anjing herder working line bertubuh lebih tebal dan lurus karena kaki belakang lebih panjang dari depan sehingga mereka dapat bekerja selama berjam-jam. Selain itu bulu lebih tebal atau ganda mendukung agar dapat bertahan dan bekerja pada cuaca yang esktim. 

Anjing herder show line sebaliknya. Mereka memiliki badan yang lebih kurus dan punggung miring karena kaki belakangnya lebih pendek dari kaki depan.

Perbedaan Karakter

Sejalan dengan tujuan pengembangan dan latihan yang diberikan, working line berkarakter lebih agresif, waspada, tidak kenal takut dan sensitif terhadap orang asing karena dianggap sebagai musuh dan untuk memberikan pengamanan.

Berbeda dengan anjing herder show line, mereka memiliki karakter yang lebih tenang, jinak, ramah dan senang berada dekat dengan keluarganya.

 

Anjing Herder Working Lines Dan Show Lines

Gambar Anjing Herder Working Lines - Sumber: www.vonlousar.com

Jenis Anjing Herder Berdasarkan Tipe Tubuh

Selain kedua fungsi di atas, terdapat beberapa jenis lainnya yang terkenal berdasarkan jenis/tipe tubuh.

East German Shepherd

DDR (Deutshe Demokratishe Republik) adalah sebutan jenis ini. Awalnya ditujukan untuk militer. Karenanya dikembangkan dan dilatih untuk menjadi working line dengan standar yang ketat. Mereka memiliki tubuh yang kuat yang dapat bertahan pada kondisi cuaca esktrim. Selain itu biasanya memiliki tubuh lurus, kepala besar, bahu lebar, kokoh, warna lebih gelap dan tulang yang besar.

West German Shepherd

Ini adalah kelanjutan dari warisan miliki Max Von Stephanitz. Tingkat ketenangan, kecerdasan yang tinggi dan dapat memahami tugas kompleks menjadikannyanya sempurna untuk operasi penyelamatan, pencarian, detektif atau kepolisian. 

Apabila dilihat dari struktur tubuh, jenis ini seperti perpaduan show line karena sedikit miring tetapi tidak lurus seperti East German Shepherd. Warna bulu biasanya sable, pure black, black and tan atau bi-color. Dengan struktur tubuh yang atletis ditambah dengan warna yang memukau menjadikannya juga cocok untuk sebagai show line.

Czech German Shepherd

Ini adalah jenis yang paling kuat dari antara semua garis keturunan anjing herder. Hal ini disebabkan karena jenis ini dikembangkan dengan peraturan dan standar yang sangat ketat. Terdapat banyak kesamaan antara Czech German Shepherd dengan East German Shepherd seperti sangat gesit, lincah, kokoh, proposional, maskulin, warna gelap, setia, protektif dan sangat cerdas. Dengan kualitas seperti ini, jenis ini sangat cocok dan sering dijadikan anjing pekerja.

American dan Canadian German Shepherd

Pameran anjing di Newcastle and Philadelphia pada tahun 1906 menjadikan orang Amerika tertarik untuk mengembangkan anjing herder. Terlebih setelah Rin Tin Tin dan Strongheart menjadi bintang, popularitas jenis ini di negara tersebut bertambah. 

Sejalan dengan itu, mulai muncul kennel-kennel di Amerika yang menyediakan anakan herder. Sayangnya anakan yang hasilkan berkualitas rendah dan berakibat penurunan popularitas jenis ini.

Kemudian setelah pada Perang Dunia 2 karena banyak anjing herder yang diperbantukan dalam perang, jenis ini mulai mendapatkan tempat kembeli di warga Amerika. Mereka berusaha mengembangkan anjing yang sempurna yang dinilai dari gerakan, ukuran dan sudut tubuh. Pengemgangnya telah menyimpang dari tujuannya dan dilakukan dengan cara apapun termasuk perkawinan sedarah karena masih tidak ada organisasi yang mengawasinya.

Oleh karena itu American and Canadian German Shepherd memiliki tubuh yang proposional, bulu lebih halus, lebih tinggi, kekar dan lebih ditujukan untuk pameran.

 

Jenis Anjing Herder Berdasarkan Warna Bulu

Kategori lainnya adalah berdasarkan warna bulunya. Ada 4 kategori warna bulu yang diakui American Kennel Club (AKC) yaitu Sable, Panda, Solid dan Saddle.

Sable German Shepherd

Anjing herder dengan warna sable selalu nampak berbeda dengan warna lainnya. Hal ini dikarenakan warnanya yang mirip dengan nenek moyangnya yaitu serigala abu-abu. Warna sable biasanya banyak muncul pada working line dan diturunkan pada anakan yang salah satu induknya memiliki gen sable.

Panda German Shepherd

Warna panda adalah warna yang paling langkah. Anjing herder warna pada pertama bernama Franka. Setelah diselidiki lebih lanjut warna ini muncul karena mutasi gen KIT. Namun untungnya hal tersebut tidak berdampak pada kesehatannya.

Solid German Shepherd

Warna lainnya yang sering cukup populer adalah warna solid black. Warna hitam yang pekat ini terjadi secara alami dan mulai terlihat jelas pada umur 8 minggu. Bisanya anakan anjing herder solid black muncul dari kedua induk yang solid black juga.

Saddle Back German Shepherd

Warna terakhir adalah saddle yang merupakan warna klasik. Contoh salah satu herder dengan warna ini adalah Rin Tin Tin. Warna saddlenya membentang dari leher sampai ke ekor. Contoh kombinasi lainnya black and tan, black and red, and even black and silver.

 

Berapa Harga Anjing Herder?

Apabila berbicara harga, ada beberapa faktor yang pada umumnya mempengaruhi tinggi rendahnya khususnya jenis ini. Bagi Anda yang sedang mencari anjing herder adalah penting memahaminya agar mengetahui apakah anjing tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga yang perlu diketahui:

  1. Apakah termasuk working line dan show line? Kedua jenis ini memiliki harga yang berbeda.
  2. Apakah bapak atau induk (ibu) memiliki prestasi? Contoh juara pameran untuk show line dan lulus ujian IPO untuk working line?
  3. Apakah dilahirkan di Indonesia atau import dari luar negeri?
  4. Kualitas anjing, apakah kualitas Pet atau Show untuk show line?
  5. Apakah memiliki working title seperti IPO1, IPO2 untuk working line?
  6. Nama besar kennel yang menghasilkan.

Setelah mendapatkan semua informasi di atas, Anda dapat mempertimbangkan apakah harga tersebut wajar dan layak. Untuk memberikan pertimbangan, berikut ini adalah gambaran/kisaran harga berdasarkan survei.

Anjing Herder Show Line

  • Anakan Kualitas Pet dimulai dari Rp 8,000,000
  • Anakan Kualitas Show atau Bapak dan Induk berprestasi dimulai dari Rp 15,000,000
  • Anakan lahir di luar negeri/import dimulai dari Rp 50,000,000

Anjing Herder Working Line

  • Anakan dari Bapak dan Induk memiliki working title seperti IPO1, IPO2 dimulai Rp 12,000,000

 

Dalam hal harga anjing, prinsip atau pepatah lama bahwa harga sesuai dengan kualitas adalah berlaku. Tidak ada anjing kualitas baik dijual dengan harga murah.










 Artikel Anjing Terbaru

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

Cara Merawat Dan Harga Anjing Poodle

 Admin   |     463   |     Minggu, 13 Februari 2022

Kali ini kita akan belajar mengenai anjing Poodle dengan baik agar Anda dapat merawatnya dengan baik serta kisaran harganya supaya tidak salah beli.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

Cara Merawat Dan Harga Anjing Pomeranian

 Admin   |     338   |     Sabtu, 29 Januari 2022

Yuk kita mengenal lebih jauh anjing Pomeranian, standar ukuran, fisik, bagaimana cara merawatnya dan kisaran harganya agar tidak tertipu.


Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

Panduan Lengkap Vaksin Anjing Dan Biayanya

 Admin   |     331   |     Sabtu, 15 Januari 2022

Informasi lengkap vaksin anjing, mengapa perlu, kapan dan seberapa sering harus divaksin dan berapa biaya atau harga vaksin.


Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

Cara Merawat Dan Harga Anjing Dachshund

 Admin   |     503   |     Minggu, 9 Januari 2022

Yuk kenali dulu dengan baik anjing Dachshund sebelum Anda membelinya agar dapat merawatnya dengan baik serta tahu kisaran harganya agar tidak tertipu


Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

Yuk Pahami Cara Grooming Anjing Dengan Benar!

 Admin   |     318   |     Jumat, 3 Desember 2021

Sebelum grooming anjing Anda, simak dulu hal-hal yang harus Anda pahami termasuk kisaran harga agar tidak salah jalan.





Anjing Dijual Terbaru